Jangan Sampai Tertipu, Inilah Cara Pilih Sepeda Bekas dengan Kualitas Baik

Sepeda menjadi alat transportasi yang bisa dibilang sudah mulai ditinggalkan saat ini mengingat sudah banyak sekali jenis transportasi yang ada saat ini. Meski begitu, sepeda tetap masih banyak digunakan karena bisa juga sebagai sarana olahraga yang menyenangkan. Jika saat ini Anda sedang ingin membeli sepeda namun budget menjadi permasalahan maka sepeda bekas mungkin bisa jadi pilihan. Jangan memandang remeh sepeda kondisi bekas, karena jika Anda bisa memilih mana yang tepat, maka sepeda yang bekas sekalipun tetap berkualitas baik.

Namun ada juga beberapa orang yang mengklaim lebih suka membeli sepeda dalam kondisi bekas. Alasannya adalah harganya yang lebih murah, tampilannya klasik dan berbeda, hingga karena kualitas juga. Ternyata sepeda dalam kondisi bekas pun masih banyak memiliki peminat. Jika Anda tertarik membeli sepeda dalam kondisi bekas, maka berikut ini beberapa tips yang perlu Anda ketahui:

Baca juga: Tips Menjual Sepeda Bekas

  • Mengenal seluk beluk sepeda

Sebelum Anda bisa memutuskan akan membeli sepeda, maka lebih baik untuk mempelajari terlebih dulu terkait seluk beluk sepeda. Anda harus tahu bagian susunan sepeda, ukuran frame dari sepeda, ciri sepeda asli dan palsu hingga merek yang berkualitas. Jika semua ilmu ini secara sekilas sudah didapat, maka Anda akan mampu menentukan mana sepeda yang tepat.

  • Kebutuhan yang sebenarnya

Kini banyak sekali jenis sepeda beredar di pasaran. Semua jenis sepeda itu punya karakteristik dan juga kegunaan masing-masing. Beberapa jenis sepeda yang umum di pasaran diantaranya sepeda santai, sepeda balap, sepeda BMX, sepeda gunung dan masih banyak lagi. Ketahui kebutuhan Anda dan tentukan mana sepeda yang pas.

  • Beli dari pemilik awal

Membeli sepeda bekas dari pemilik langsung Anda akan bisa mendapatkan keuntungan yang lebih dimana harganya masih harga asli dan biasanya kondisi sepeda juga masih terawat. Kini sudah ada teknologi yang memudahkan Anda jika ingin mencari barang bekas yaitu lewat internet.

  • Cek kondisi sepeda dulu

Jika Anda sudah bertemu dengan penjualnya, langsung cek sepeda tersebut dari segi rangka, ban, piringan ban, rem dan semua kondisinya secara keseluruhan. Anda harus jeli jika ingin mengeceknya sehingga bisa mengetahui kondisi sebenarnya. Jika ada beberapa kerusakan yang masih bisa ditoleransi, Anda bisa tetap membelinya dan menjadikannya alasan minta kurangi harga.

Untuk lebih memantapkan hati, jangan lupa coba sepeda bekas tersebut. Jika Anda memakainya dan merasa tidak ada keluhan dan masalah berarti, maka langsung pinang sepeda tersebut. Dari mencoba sepeda biasanya akan diketahui Anda cocok atau tidak dengan sepeda itu. Jangan lupa untuk menawar harga lebih dulu sehingga bisa deal harga yang terendah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *