Pilah-pilih Sepeda Bayi dengan Tips Berikut Ini!

Memiliki anak kecil tentu akan menjadi kian istimewa untuk kehidupan sebuah keluarga. Tak heran jika setiap orang tua selalu ingin memberikan segala hal yang terbaik bagi si kecil. Untuk bisa mendukung tumbuh kembangnya, tentu tak hanya dari segi makanan saja yang dibutuhkan, namun lebih dari itu. Jika Anda ingin anak kian aktif, ada baiknya jika Anda membelikan sepeda bayi untuknya sehingga Ia bisa bermain keluar dan melatih diri dalam mengendarai sepeda.

Sepeda merupakan salah satu media yang mampu memberi banyak sekali manfaat bagi anak. Mungkin Anda kerapkali hanya menganggap jika anak bermain sepeda hanya untuk menggembirakannya saja. Tapi ada banyak manfaat di balik permainan sepeda ini yang mungkin Anda belum tahu, diantaranya:

  • Yang pertama adalah si kecil jadi belajar untuk bisa lebih percaya diri dan berani. Hal ini karena tidak semua anak merasa senang jika dibelikan sepeda dan kerapkali justru takut.
  • Selain itu ketika tahap mengayuh dimana mengayuh ini hampir sama seperti berlari, bermain bola hingga berenang. Dengan belajar mengayuh ini, anak pun akan mampu mengatur keseimbangan dirinya, menuntut kemampuan konsentrasi hingga kemampuan motoriknya.
  • Sepeda juga melatih anak untuk bisa mengkoordinasikan semua anggota tubuhnya demi bisa menjalankan sepeda mulai dari tangan, kaki, hingga matanya.
  • Dengan bersepeda, anak juga akan mampu membuka ruang eksplorasi yang lebih besar lagi dan bahkan mampu membuka wilayah interaksi lebih luas.

Itulah beberapa manfaat melatih anak dengan sepeda bayi. Tak perlu khawatir dengan keamanannya asalkan Anda terus menjaga di sisinya. Untuk membeli sepeda yang tepat, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

  • Pilih sepeda dengan pedal yang bisa dijangkau oleh kaki kecilnya. Hal ini demi meningkatkan keamanan dari si kecil itu sendiri.
  • Jika Anda memilih sepeda roda empat, maka pilih dengan ukuran terkecil karena nanti jika anak tumbuh sadel bisa di naik-turunkan secara kustom.
  • Tidak perlu terlalu berpatokan pada segi merek tertentu karena pemilihan sepeda itu sendiri kembali lagi ke kebutuhan anak Anda.
  • Anda bisa minta pendapat dari keluarga, teman atau bahkan penjual sepeda terkait sepeda yang cocok dengan anak Anda.
  • Jangan lupa ajak anak agar dia bisa memilih secara langsung sepeda yang memang diinginkannya. Anda bisa membiarkannya memilih, namun tetap keputusan terbaik di tangan Anda.

Lakukan survey juga untuk bisa menentukan harga sepeda bayi yang pas untuk si kecil sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan budget serta memilih yang paling pas. Dengan memberikannya sepeda, maka anak akan belajar untuk lebih aktif lagi dalam melakukan banyak hal di usianya yang sedang dalam masa tumbuh kembang terbaik.

 

.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *