Mengenal Karakteristik Spesial Sepeda Downhill

Sepeda menjadi jenis alat transportasi yang kini sudah banyak berubah fungsi. Hal ini lantaran sudah banyak sekali alat transportasi yang sudah lebih canggih dan bertenaga mesin. Meski begitu bukan berarti jika sepeda sudah tidak ada peminatnya lagi karena hingga kini tetap saja peminat sepeda masih amat banyak. Hal ini lantaran sepeda banyak digunakan untuk olahraga yang menyehatkan tubuh. Salah satu jenis olahraga yang banyak disukai oleh anak muda adalah downhill yang tentunya menggunakan sepeda downhill.

Downhill adalah olahraga yang cukup ekstrim dimana dilakukan dari atas gunung atau bukit lalu menuruninya dengan sepeda. Tentunya untuk bisa berolahraga downhill ini tidak bisa menggunakan sepeda biasa karena mengingat medan yang terjal dan keras. Jika Anda tertarik dengan olahraga yang satu ini, maka pastikan mengetahui karakteristik dari sepeda jenis downhill ini:

Baca juga: 6 Sepeda Downhill Termahal

  • Kerangka kuat dan kokoh

Sepeda untuk olahraga ini tentu istimewa karena harus kuat dan tahan dalam medan yang terjal dan keras. Material yang dipakai biasanya steel, alloy, chromoly, titanium atau karbon. Atau bisa juga dari kombinasi beberapa bahan tersebut.

  • Suspensi baik

Sepeda jenis downhill bisa menikung stabil meski pada kecepatan tinggi dan dilengkapi suspensi belakang dimana berfungsi untuk bisa meredam benturan ketika melewati medan yang keras dan terjal. Umumnya jenis suspensi yang digunakan di sepeda ini menggunakan jenis full suspension bike dimana kemampuan redam kejutnya ada di bagian depan dan belakang. Fungsi peredam kejut di sepeda downhill lainnya adalah demi bisa menjaga kemampuan kontrol dan menjaga kekuatan dalam menahan beban. Tak heran jika daya peredam hingga mencapai 7 inchi.

  • Tidak fokus pada kayuhan

Pada dasarnya sepeda jenis downhill ini tidak begitu mengutamakan kenyamanan dalam segi kayuhan karena memang penggunaannya untuk menuruni gunung. Jangan kira jika para downhillers mengayuh sepedanya ke atas gunung karena sepeda mereka dibawa dengan mobil ke atas dan baru terjun ke bawah. Dengan kayuhan yang lemah, maka tak heran jika jenis sepeda ini tak begitu efisien ketika dipakai di dalam kota ataupun jalur cross country.

  • Sistem pengereman

Jika melihat resiko medan jelajah di olahraga downhill, maka sepeda ini dibekali dengan rem cakram dimana memiliki spesifikasi khusus. Hal ini demi memastikan keamanan dari pengendara sepeda itu sehingga remnya bisa bekerja maksimal ketika dipakai menuruni bukit dan gunung.

Tak hanya spesifikasi sepeda downhill saja yang harus mumpuni, namun para downhillers juga harus dibekali dengan alat keamanan yang maksimal. Beberapa alat keamanan yang dibutuhkan diantaranya helm full face, pelindung tulang belakang serta pelindung dada juga wajib dipakai. Belum lagi pelindung siku, tulang kering hingga pergelangan tangan yang juga harus dikenakan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *