Tips Aman Kendarai Sepeda Drag di Jalanan

Sepeda drag merupakan sepeda yang didesain sedemikian rupa sehingga kerapkali berbeda dengan bentuk aslinya. Pengubahan ini difungsikan untuk banyak alasan misalnya untuk perlombaan, balapan dan lain sebagainya. Namun umumnya sepeda diubah menjadi drag adalah demi mendapatkan kecepatan lebih, meski tidak selalu demikian. Namun yang jelas baik sepeda dalam bentuk drag atau bukan, keamanan dalam bersepeda adalah yang utama mengingat kecelakaan selalu bisa terjadi kapan saja. 

Berikut ini beberapa perlengkapan keamanan bersepeda yang perlu Anda gunakan demi maksimalnya keamanan:

  • Helm

Lebih dari 60% kematian yang berkaitan dengan sepeda umumnya diawali dari cedera di kepala parah. Alasannya? Tentu saja karena pengendara tidak menggunakan helm ketika bersepeda sehingga menjadikan bahaya untuk diri sendiri. Mengingat kepala adalah organ penting, maka pastikan lindungi dengan penggunaan helm. Penggunaan helm ini tak hanya wajib dilakukan saat mengendarai sepeda drag saja, namun semua jenis sepeda pun demikian demi keselamatan.

  • Pilih helm sesuai standar

Helm yang dipakai juga bukanlah helm sembarangan mengingat keselamatan sangat dipertaruhkan. Jika memungkinkan cari helm warna cerah dan pasang secara benar sehingga helm bisa melindungi kepala dengan stabil. Pastikan jika helm yang Anda pilih helm standar Indonesia atau ditandai SNI.

  • Cek rem

Sebelum perjalanan, tes dulu kedua rem baik depan maupun belakang sehingga bisa memastikan rem tersebut bisa bekerja dengan baik. Hal ini lantaran rem sangat penting karena jika rem blong maka pengendara akan terkena bahaya yang besar karena sepeda tidak bisa berhenti.

  • Patuhi rambu lalu lintas

Tak hanya pengendara bermotor saja yang wajib patuh dengan aturan lalu lintas, melainkan semua pengendara sepeda juga demikian. Namun ada baiknya jika Anda bisa mematuhi rambu lalu lintas demi keselamatan Anda dan pengendara lainnya. Selain itu jangan lupakan isyarat tangan jika Anda akan menyeberang atau belok sehingga pengendara di belakangnya bisa tahu mau kemana Anda belok agar meminimalisir kecelakaan mengingat tidak ada lampu sen pada sepeda.

  • Mudahkan terlihat

Pastikan untuk berkendara di sisi kiri jika Anda di jalanan. Selain itu, Anda juga harus mudah terlihat oleh pengendara lainnya sehingga ada baiknya menggunakan pakaian dan helm warna cerah. Apabila sedang ada touring dengan komunitas sepeda, jangan sampai berjalan menggerombol dan mengganggu pengendara lain di jalan. 

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan demi keamanan Anda ketika bersepeda. Mengubah sepeda biasa jadi sepeda drag tentu menjadi hak Anda, namun ada baiknya tetap memperhatikan keselamatan yang menjadi keutamaan. Semakin Anda tertib bersepeda, maka akan semakin baik sehingga antar pengendara di jalan bisa saling menghargai satu dengan lainnya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *