7 Langkah Merawat Rantai Sepeda Secara Mudah Agar Tidak Mudah Rusak

Belakangan ini jika dilihat animo masyarakat akan kendaraan sepeda memang sangat tinggi, kembali lagi ke sarana transportasi tradisional untuk mengurangi polusi dan juga macet, apalagi kian gencar-gencarnya daerah mengadakan car free day setiap akhir pekan, biasanya digunakan sebagai ajang santai untuk berjalan kaki ataupun dengan mengendarai sepeda ini. Saran transportasi harga murah ini agaknya juga mudah mengalami masalah jika tak dirawat dengan tepat, salah satunya adalah pada bagian rantai. Jadi sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara merawat rantai sepeda ini.

Berbicara mengenai rantai sebenarnya komponen yang satu ini berfungsi untuk mengoperasikan ban agar terus berjalan, dengan tenaga kayuhan. Sering kali ketika tengah digunakan maka rantai tiba-tiba lepas dari tempatnya. Sehingga mau tak mau pastinya juga harus memperbaiki, masalah lain yang sering kali terjadi adalah rantai yang putus, jika sudah semacam ini pastinya Anda harus membawanya ke bengkel untuk diganti dengan yang baru.

Sedikit tips dalam merawat rantai sepeda agar tak mudah rusak, diantaranya adalah:

  1. Bersihkan setelah melalui perjalanan yang berlumpur, lumpur ini termasuk bagian yang paling sering menyebabkan rantai kotor, hingga terkadang sulit untuk dibersihkan ketika sudah mengering, jadi sebelum kering pastikan untuk mengelap atau mencucinya.
  2. Sebelum terkena air sebelumnya lebih dianjurkan untuk mengelap menggunakan kain kering terlebih dahulu, kain bersih dan kemudian baru dicuci dengan menggunakan air.
  3. Jika kotoran sulit untuk dijangkau, maka dianjurkan untuk memakai sikat yang memiliki bulu panjang. Sehingga bagian-bagian terkecil yang biasanya nyelip di rantai juga bisa dibersihkan secara optimal sambil disikat.
  4. Jangan lupa membersihkan bagian penting lainnya seperti halnya pulley, bagian yang satu ini adalah gear yang menempel pada RD, tempat rantai berputar, jadi jika tak dibersihkan juga akan seret ketika digunakan.
  5. Pastikan untuk rajin-rajin dalam mengganti pelumas rantai tersebut. Pelumas yang digunakan adalah oli, karena setiap bagian dari rantai dan juga gear ini tersusun atas besi, maka jika tak dilengkapi dengan pelumas bisa menyebabkan rantai mudah berkarat, juga seret ketika digunakan mengayuh, untuk itu harus diganti secara berkala.
  6. Sebelum diberikan pelumas, maka cuci terlebih dahulu rantai tersebut hingga benar-benar bersih dan keringkan, setelah benar-benar kering maka bisa mulai menuangkan pelumas. Tuangkan secukupnya agar tak menciptakan noda ketika dikendarai.
  7. Jika ada bagian pelumas yang melebar hingga ke permukaan maka dianjurkan untuk membersihkannya dengan menggunakan kain, agar nantinya tak mengotori celana ketika digunakan.

Merawat rantai sepeda memang susah-susah gampang, apalagi ini tergolong bagian yang cukup krusial. Sehingga harus dibersihkan secara tepat. Rantai yang bagus membuat aktivitas berkendara lebih nyaman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *