Rawat Sepeda Antik Onthel Anda dengan Trik Berikut Ini!

Memiliki sepeda tentu harus selalu dirawat sehingga performa dari sepeda bisa selalu baik. Ada baiknya jika sepeda yang Anda miliki rutin dibersihkan dan disiplin ketika menservicenya. Jika Anda memiliki sepeda dengan tipe yang baru, maka mungkin akan lebih sederhana dalam perawatannya. Namun berbeda bagi yang memiliki jenis sepeda antik onthel karena perawatannya cenderung berbeda. Hal ini lantaran usia dari sepeda tersebut, sehingga Anda perlu lebih cerdas dalam merawatnya.

Sepeda onthel yang telah berusia hingga puluhan tahun bukannya menjadikannya kuno, namun justru mampu memberikan daya tarik tersendiri untuk sebagian besar orang. Tak heran jika hingga kini para penghobi sepeda onthel ini selalu setia merawat sepeda onthel ini. Jika Anda adalah salah seorang pemilik sepeda onthel, maka ada baiknya jika Anda juga melakukan perawatan untuk sepeda antik ini. Lalu bagaimana cara merawatnya? Berikut ini beberapa tipsnya:

  • Pelumas

Umumnya, sepeda onthel terbuat dari jenis frame besi yang kuat. Agar besi tersebut tidak mengalami korosi, ada baiknya jika Anda mengoleskan pelumas pada setiap permukaan sepeda sehingga tidak beresiko. Beberapa bagian penting yang perlu Anda berikan pelumas diantaranya adalah bingkai, rantai, jeruji hingga gear. Hal ini demi menghindari kerusakan akibat karat yang mengering.

  • Periksa kondisi rem

Rem juga mudah sekali mengalami kerusakan dan juga daya guna sehingga Anda perlu memberikan perawatan khusus di bagian ini. Jika Anda lupa atau kurang merawat, maka pastinya akan ada bahaya yang mengintai ketika Anda mengendarainya. Jika memang Anda menemukan remnya sudah kurang bagus, jangan ragu untuk menggantinya dengan rem yang baru sehingga lebih aman.

  • Jangan mengupas karat

Jika Anda menjumpai karat muncul pada sepeda onthel kesayangan Anda, maka jangan pernah mengupas secara langsung dengan manual. Hal ini akan mampu mengurangi ketebalan di sepeda sehingga menjadikannya kian tipis. Ada baiknya jika dalam membersihkan karat itu digosok dengan amplas halus sampai permukaan rata dan kemudian kuatkan cat ataupun semir dengan tipis.

  • Mencuci dengan benar

Mencuci sepeda secara benar akan menjadikan sepeda selalu tampak bersih dan terawat. Untuk melakukannya, gunakan air bertekanan yang sedang saat menghapuskan kotoran serta debu di sepeda. Lanjut dengan menggunakan sampo khusus sepeda yang bahannya cenderung lembut demi menjamin kebersihan. Untuk bisa membersihkan bagian sulit, maka ada baiknya menggunakan sikat gigi bekas.

Itulah beberapa tips perawatan sepeda onthel. Sebetulnya perawatannya sederhana dan mudah bukan? Namun umumnya pemilik sepeda antik ini kerapkali malas dalam merawat sepedanya sehingga tak heran jika sepeda onthel yang sudah antik menjadi lebih mudah rusak karenanya, padahal sepeda onthel memiliki nilai yang tinggi setidaknya dari kenangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *