Ingin Tahu Sepeda Ontel Termahal di Dunia? Ini Dia Ulasannya!

Sepeda menjadi alat transportasi yang masih eksis hingga saat ini. Meski dapat diakui jika yang tertarik pada penggunaan sepeda sebagai alat transportasi semakin berkurang dan bukanlah menjadi alat transportasi utama, tapi setidaknya penggemar sepeda masih bisa mudah ditemukan. Saat ini telah tersedia banyak sekali jenis sepeda dan desainnya juga beragam serta fungsinya juga berbeda. Salah satu jenis sepeda yang sudah mulai hilang dari peredaran adalah sepeda ontel.

Ya, sepeda jenis ontel memang termasuk sepeda kuno. Meski begitu, ternyata hingga kini masih banyak sekali penggemar untuk sepeda ini. ternyata ontel yang banyak dianggap sebagai sepeda tua ini juga ada yang harganya mahal sekali. Berikut ini beberapa ontel antik yang berharga mahal:

Baca juga: Cara Cerdas Mendapatkan Sepeda Ontel yang Terlihat Klasik dan Keren

  • Sepeda simplex

Sepeda ontel termahal pertama yaitu sepeda Simplex. Dinamakan demikian karena perusahaan sepeda ini dinamakan Simplex Automatic Machine. Pendirinya yaitu seorang berkebangsaan Inggris yakni Charles Bingham. Untuk merek sepeda ini sendiri sudah ada sejak tahun 1887 yang kemudian menjadi salah satu perusahaan sepeda tertua hingga saat ini. Setelah kurang lebih 128 tahun beroperasi, perusahaan yang lokasinya ada di kawasan Utrecht ini lalu pindah Amsterdam, Belanda. Ternyata popularitas Simplex di Belanda saat itu tinggi sekali sehingga seolah semua orang di sana menggunakan sepeda Simplex ini dalam kesehariannya. Kepopulerannya menjadikan Simplex pun dihargai tinggi.

  • Sepeda Veeno

Merek Veeno telah berdiri sejak 1908. Sebelum menjadi perusahaan yang memproduksi sepeda, Veeno diawali di sebuah gudang yang merupakan bengkel reparasi. Tapi, sang pemilik, P van der Veen, lalu memproduksi sepeda tetapi tetap bekerja menjadi tukang tembaga hingga tukang onderdil dan pekerjaan lainnya. Setelah lama berjuang, kemudian di tahun 1920 perusahaan Veeno besutannya pun akhirnya beralih menjadi perusahaan dengan perseroan terbatas publik. Produk sepeda dari merek Veeno ini sudah banyak yang dikeluarkan. Puncak popularitasnya adalah di tahun 60-an.

  • Sepeda Gazelle

Berdiri sejak tahun 1902, Gazelle dibangun oleh dua orang pemilik bernama Willem Kolling serta Rudolf Arentzen. Tidak hanya memproduksi sepeda onthel, perusahaan ini pun memproduksi sepeda motor untuk memperluas bisnisnya. Perusahaan Gazelle pun terus bertumbuh lalu kian meningkat karena banyaknya permintaan domestik hingga ke internasional. Perang dunia pun meletus saat itu dan justru hal ini menjadikan keuntungan tersendiri bagi Gazelle lantaran banyaknya yang membutuhkan sepeda sebagai alat transportasi utama saat itu.

Itulah beberapa jenis sepeda ontel yang termahal di dunia saat ini. Kebanyakan sepeda jenis ontel tersebut adalah produksi dari Belanda. Meski memang sudah tersedia banyak sekali jenis sepeda, namun tetap saja penggemar sepeda jenis ontel tidak berkurang yang terbukti dengan banyaknya komunitas penggemar sepeda tua ini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *