Ini Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Sepeda Fixie

Di era yang serba modern ini, jumlah kendaraan di masyarakat kian hari kian banyak saja. Ditambah lagi terus berproduksinya kendaraan dengan segala jenis produk serta model terbarunya dengan spesifikasi yang kian mumpuni sehingga menjadikan banyak orang makin ingin memilikinya. Namun yang kerap dilupakan adalah sepeda dimana juga merupakan salah satu alat transportasi manual. Belakangan ini sepeda fixie cukup populer di kalangan anak muda. Dengan desain rangka tipis dan ringan serta warna-warna mencolok ternyata mampu membuat para anak muda menggandrungi nya.

Sebagai tambahan informasi, nama fixie berasal dari bahasa Inggris fixed gear karena gear pada bagian roda belakang mati dengan bagian roda belakangnya. Hal ini pun kemudian memberikan efek membuat pedal pada sepeda ini ikut memutar saat roda berputar lalu ketika mengerem ataupun penurunan kecepatan, bisa dilakukan dengan cara menahan putaran pedal ke arah belakang. Dari perbedaan cara mengerem ini menjadikan sepeda jenis fixie banyak penggemar lantaran serasa lebih beda dari sepeda biasanya.

Sepeda fixie pada dasarnya sengaja dirancang berbobot ringan dengan model simpel dan minimalis sehingga diharapkan lebih memudahkan para penggunanya ketika dikendarai. Apabila Anda tertarik sepeda jenis fixie ini, maka baiknya mengetahui beberapa kelebihannya berikut ini:

  • Harga sepeda jenis fixie umumnya lebih murah jika dibanding sepeda jenis lainnya.
  • Penampilan pada sepeda jenis fixie ini lebih trendi, simpel serta kekinian.
  • Sepeda ini dapat dipakai untuk berbagai gaya seperti gaya lambat, mundur hingga teknik lainnya dan Anda pun bisa mempelajarinya.
  • Saat dikendarai, sepeda ini sangat ringan lantaran adanya ban yang tipis dengan rolling resistant rendah sehingga nyaman saat dikendarai siapapun.
  • Tidak ada kabel rem, shifter sampai group set yang menjadikan sepeda ini lebih minimalis dan simpel.
  • Jika Anda memiliki sepeda jenis fixie, Anda tidak akan disibukkan dengan perawatannya. Memang Anda tetap butuh membersihkan dan servis berkala, namun biayanya tidak mahal.

Seperti halnya ketika ada kelebihan, maka ada juga kekurangan sepeda jenis fixie seperti:

  • Bagi Anda yang baru saja memiliki dan baru saja memakai sepeda jenis fixie, maka ada baiknya latihan dulu dan menyesuaikannya mengingat tidak adanya rem tangan dan rem memakai kaki.
  • Hanya satu gear saja yang ada di sepeda fixie sehingga jika Anda ingin menggunakannya sebagai alat transportasi pada jarak jauh maka kurang tepat.
  • Sepeda jenis fixie bukanlah jenis sepeda yang bisa dipakai untuk melakukan aksi ekstrim lantaran rangkanya yang tipis dan rapuh.

Itulah beberapa kelebihan kekurangan ketika Anda memiliki sepeda fixie. Sepeda jenis ini lebih cocok digunakan di jalanan perkotaan yang cenderung halus dan rata. Selain itu cara penggunaannya pun harus halus dan kurang cocok digunakan aktivitas ekstrim.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *