Simak Hal yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli Sepeda Cross

Bagi siapa saja yang suka kecepatan meski saat mengendarai sepeda maka sangat dianjurkan membeli sepeda cross. Sesuai dengan namanya sepeda ini memang menawarkan kecepatan yang lebih baik dibandingkan dengan sepeda jenis lain. Penggunanya sendiri secara umum didominasi oleh kaum Adam, maklum lelaki memang cenderung lebih suka dengan yang namanya kecepatan. Maka tidak heran pembalap dari kaum pria jauh lebih banyak ketimbang perempuan, namun bukan berarti perempuan tidak cocok bermain ke arena balap. Sah saja dilakukan asalkan cermat mengendalikan kendaraan dan mengenal medan.

Bagaimana Memilih Sepeda Balap dengan Benar?

Baca juga: Sepeda Cross dan Jenis Lainnya untuk Sepeda MTB

Sepeda satu ini memang masuk ke dalam kategori sepeda balap, ketika menentukan pilihan baiknya menimbang dulu beberapa hal penting secara matang. Adapun pertimbangan tersebut antara lain:

  • Ukuran yang benar-benar sesuai postur,

Mengingat sepeda satu ini akan dipakai untuk melintasi medan yang ekstrim dan beradu kecepatan dengan pembalap lain, meski hanya permainan semata. Maka dianjurkan memperhatikan faktor dimensi sepeda itu sendiri. Usahakan tidak melebihi tinggi badan begitu pula sebaliknya, ukuran yang pas membuat kontrol di medan balap semakin mudah dan lincah.

  • Pastikan sangat ringan untuk dikendarai,

Dalam memilih sepeda cross baiknya selalu memperhatikan soal jenis rangka yang digunakan sebab akan mempengaruhi bobot sepeda tersebut. Semakin ringan akan semakin baik sebab jika terlalu berat otomatis gerakan di arena balap semakin terbatas dan sangat lambat. Belum juga pertengahan jalur balapan napas sudah tersengal-sengal karena kehabisan tenaga. Maka pastikan rangkanya ringan, misalnya dari bahan titanium atau mungkin serat karbon yang dipercaya sebagai material sepeda paling ringan.

  • Menentukan merek yang terpercaya,

Memilih sepeda yang dibutuhkan adalah kecepatannya maka usahakan tidak pernah mengabaikan soal merek. Lebih disarankan menimbang merek sepeda terkemuka untuk memperoleh kualitas yang maksimal. Sebab jika asal murah namun tidak diimbangi dengan kualitas bisa jadi malah melakukan kesalahan fatal saat memacu sepeda ke kecepatan tinggi. Usahakan memilih merek yang terkenal dan terpercaya selain awet, kebutuhan untuk mengganti onderdil dijamin lebih mudah. Pasalnya onderdil ini akan banyak tersedia di pasaran jadi tidak cemas sepeda kesayangan segera menjadi rongsokan.

  • Pilih yang kualitasnya paling unggul,

Bandingkan beberapa pilihan sepeda jenis cross yang ditemui di satu toko lalu pilih yang paling unggul. Baik dilihat dari desain, fitur, sampai jenis rangka yang digunakan sebab jika memilih tanpa adanya pembanding. Resiko melakukan kesalahan dalam menentukan pilihan semakin tinggi tentu merugikan Anda sendiri. Atau opsional lainnya adalah melirik sepeda jenis cross yang dimiliki teman dan dirasa performanya maksimal. Sehingga bisa memilih merek dan tipe sepeda yang sama, sehingga sepeda cross yang dibeli tidak mengecewakan dan pas dengan harapan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *