Sepeda Cross dan Jenis Lainnya untuk Sepeda MTB

Sepeda MTB merupakan jenis sepeda yang cocok untuk track di gunung dan juga alam bebas untuk petualangan pada umumnya. Jenis ini merupakan sepeda gunung yang mempunyai ciri khusus dan juga jenis khusus yaitu mempunyai jenis full suspension atau hard tail mountain bike. Dimana kedua jenis tersebut merupakan cara mudah untuk dapat membeli sepeda mountain bike yang akan dipilih. Ketika akan memilih jenis sepeda MTB ini sendiri, Anda bisa untuk memilih beberapa jenis yang dipunyai oleh sepeda MTB. Dimana jenis tersebut akan dapat dipilih berdasarkan kegunaannya yaitu berdasarkan medan dan juga fitur sepeda yang dipunyai. Misalnya ada jenis sepeda cross dan berbagai jenis lainnya seperti berikut ini:

  • Tipe All Mountain

Merupakan jenis pertama yang dapat dipilih oleh masyarakat yang ingin membeli sepeda MTB ini. Jenis ini bisa digunakan untuk mendapatkan kenyamanan yang ada di segala medan sehingga sangat cocok untuk berbagai medan baik itu di turunan untuk downhill, untuk di jalan gunung yang berbatu, dan juga jalan turun naik yang ada di bukit. Sehingga jenis ini merupakan sepeda yang mempunyai banyak keuntungan dan dapat dipilih oleh penggemar petualangan di alam.

  • Tipe Cross Country

Merupakan jenis lainnya yaitu sepeda cross country atau disebut sebagai sepeda XC. Jenis ini mempunyai keuntungan untuk dapat digunakan dalam lintasan yang jauh dan jarak tempuh yang lama. Sehingga apabila Anda ingin melakukan pertandingan dengan trek yang panjang di hutan, gunung, dan juga trek lainnya bisa untuk memilih jenis yang satu ini. Jenis sepeda ini mempunyai satu suspension saja untuk dapat meredam benturan yang bagian suspensinya ada di bagian depan. Dan di bagian belakang tidak perlu dipasang suspensi lagi. Jenis sepeda ini dapat digunakan untuk menjelajah dalam waktu dan jarak yang jauh dan akan memberikan fungsi yang stabil ketika berada di turunan ataupun tanjakan dengan optimal.

  • Tipe dirt jump

Merupakan jenis selanjutnya yang mempunyai desain sepeda mirip dengan BMX. Jenis ini mempunyai tampilan yang kekar dan juga kokoh tetapi bodynya juga sangat stylish untuk dapat dilihat. Jenis ini menggunakan suspensi yang ada di depannya dan bisa untuk menggunakannya untuk lompatan tinggi seperti pada jenis sepeda BMX.

  • Tipe trail

Dan jenis sepeda MTB selain sepeda cross dan jenis diatas adalah tipe trail. Jenis ini merupakan kombinasi dari sepeda jenis cross country tetapi mempunyai suspensi yang lebih halus. Hal tersebut bertujuan untuk dapat melalui banyak trek yang sulit dan juga lebih ekstrim daripada jenis sepeda XC. Akan tetapi jenis ini juga mempunyai kekurangan yaitu berat untuk mengayuhnya sehingga memerlukan tenaga lebih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *