4 Cara Mudah Menjaga Keawetan Sepeda Antik Anda

Mengoleksi satu atau beberapa sepeda antik tentu butuh perhatian khusus dan lebih mendetail untuk menjaganya tetap dalam kondisi baik. Semakin tua suatu barang maka kondisinya akan semakin rapuh, tidak peduli itu mobil atau sepeda tua. Bagi yang memiliki sepeda tua tentu perlu ilmu khusus agar mampu merawatnya secara maksimal sehingga tidak perlu kecewa kalau-kalau kondisinya memburuk. Sebab dengan usia yang tidak lagi muda sepeda jenis ini dijamin lebih mudah rusak dan lusuh dibanding sepeda keluaran terbaru pabrik.

Merawat Sepeda Tua Secara Tepat

Sebenarnya untuk urusan perawatan sepertinya biaya yang dikeluarkan akan lebih banyak ketimbang memiliki sepeda keluaran baru. Namun, kepuasan yang diberikan tentu lebih tinggi maka perawatan berikut wajib Anda aplikasikan ke sepeda tua kesayangan:

Baca juga: Kiat Perawatan Sepeda Ontel

  • Teratur memoleskan oli atau pelumas,

Komponen sepeda di bagian gerak seperti roda, jeruji, rantai, dan sejenisnya tentu membutuhkan pelumas agar bisa berfungsi dengan baik. Sebab sepeda tua ini tentu kadang perlu dikayuh beberapa saat untuk memastikan kondisinya memang masih prima. Kalau tidak diberi pelumas secara rutin maka akan mempercepat kerusakan, maka jangan sampai terlupa soal kebutuhan satu ini.

  • Rajin memeriksa kondisi rem,

Rem merupakan bagian yang punya peran vital sepeda ini tentu sesekali akan dipakai terlebih saat hendak konvoi dengan komunitas yang diikuti. Maka pastikan rutin mengecek kondisi remnya, sebab akan berbahaya jika rem pada sepeda antik sudah rusak namun tidak diketahui. Pengecekan bisa dilakukan sendiri kalau tidak bisa maka bisa diserahkan ke bengkel yang paham sepeda tua. Penggantian rem lawas dengan yang baru pun diperlukan, mengingat sudah tidak diproduksi lagi maka bisa memilih rem produksi baru dengan desain lawas.

  • Dicuci dengan metode yang benar,

Mencuci sepeda berumur lawas ini pun baiknya tidak sembarangan, hindari menggunakan penyemprot air. Sebab tekanan yang tinggi akan merusak komponen sepeda yang memang sudah dalam kondisi rapuh. Baiknya dicuci secara manual memakai air dan lap yang dibasahi perlahan, supaya bersih optimal gunakan sampo sebagai detergennya. Baiknya memilih sampo dengan tekstur yang lembut sehingga tidak merusak warna cat dari sepeda klasik tersebut.

  • Poles menggunakan cairan khusus,

Sepeda dengan usia yang sudah sangat tua tentu perlahan akan termakan oleh korosi dan menjadi kusam. Mencegahnya tentu saja dengan menjaga kebersihan kemudian rutin memberikan lapisan poles khusus. Ada beberapa toko yang menjual cairan pemoles sepeda tua dimana cairan ini akan memberi dampak menjaga kualitas warna badan sepeda. Awalnya terlihat sangat kotor oleh debu dan lainnya saat dipakai konvoi maka seketika bisa mengkilap kembali. Namun jangan asal memakai cairan pembersih pastikan dulu merupakan cairan pelapis untuk sepeda antik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *