Cara Cerdas Mendapatkan Sepeda Ontel yang Terlihat Klasik dan Keren

Sebagian besar orang kini mulai merasa tertarik untuk memiliki sepeda ontel atau sepeda klasik satu ini karena menyimpan banyak nilai sejarah. Desainnya yang memang lawas rupanya menjadi daya tarik tersendiri, sebab memilikinya bisa menjadi sebuah prestasi yang membanggakan. Apalagi jika memang memperoleh sepeda tua dengan kualitas dan originalitas yang masih terjaga dengan baik. Kalau menjumpainya maka dijamin Anda pun akan merogoh kocek dalam-dalam sebab sepeda klasik dalam kondisi terbaik harganya bisa melebihi harga sepeda motor masa kini.

Cara Mendapatkan Sepeda Klasik yang Keren

Komunitas sepeda klasik biasanya memasukan pemilik ontel ke dalam anggotanya dan menjadi jenis sepeda yang kemudian kembali naik daun. Bagi pemula tentu belanja sepeda model klasik ini tidak terasa mudah, maka beberapa cara berikut bisa diadopsi agar tidak salah pilih:

  • Ketahui daftar merek terbaik,

Sepeda jenis ontel ini memang sempat populer di masanya, dan sebagian merupakan produk import meski tercatat beberapa merek dikeluarkan pabrik di Surabaya. Kalau untuk merek lokal tentu ontel ini lebih murah sekitar Rp 300-800ribuan. Namun untuk merek luas paling murah sekitar Rp 1 jutaan.

  • Pertimbangkan mencari yang komposisinya asli,

Sebagai kolektor dan penggemar fanatik terhadap sepeda ontel biasanya mengedepankan yang namanya originalitas. Harapannya tentu saja mendapatkan sepeda tua lengkap dengan aksesoris asli yang usianya pun sama tuanya. Kalau Anda cermat dan mengajak yang ahli di bidang sepeda tua dijamin bisa menemukannya, kalau sudah ketemu jangan kaget kalau harganya fantastis. Apabila ingin lebih hemat pilih sepeda dengan kerangka original, kemudian pelan-pelan belanja komponen aslinya di pasar khusus sepeda tua.

  • Belanja di lokasi yang mendukung,

Setiap kota atau katakanlah daerah memiliki lokasi tersendiri untuk dijadikan tujuan berburu sepeda model klasik. Ada baiknya ketahui dulu pasar mana saja yang bisa dituju untuk mendapatkan ontel favorit yang selama ini memang diimpikan untuk dimiliki. Sebagai contoh bagi yang tinggal di Jakarta maka sering direkomendasikan belanja sepeda tua ini ke Pasar Ular, di Tanjung Priok. Kalau khawatir tertipu penjual yang licik maka bisa membelinya langsung dari kolektor, meski dijamin harganya lebih tinggi karena dirawat secara khusus.

  • Baiknya memilih yang kondisinya baik,

Produk tua ternyata tidak selalu identik dengan kondisinya yang lusuh, demikian pula dengan sepeda tua jenis ontel ini. Sebab jika beruntung Anda akan memperoleh pilihan yang kondisinya masih sangat mulus, setidaknya hanya sedikit karat yang tersisa. Meski dianjurkan memilih yang kondisinya masih bagus bukan berarti memilih yang sudah dipoles. Misalnya dicat ulang, pilihan ini malah perlu dihindari sebab ketika dipoles ulang bisa jadi cacat dari sepeda ontel tua malah tertutup dan sulit dideteksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *