Cara Memaksimalkan Kayuhan Saat Balap Sepeda

Dalam melakukan balap sepeda, maka ada banyak hal yang harus Anda perhatikan, termasuk pada kondisi sepeda balap yang nantinya akan Anda gunakan agar dapat melaju dengan kecepatan yang tinggi dan dengan beban yang ringan namun tetap dalam kondisi yang stabil. Dalam hal memaksimalkan sepeda balap Anda agar dapat menghasilkan kayuhan yang baik dan efektif merupakan suatu hal yang harus dilakukan oleh para pembalap sepeda.

Tidak jarang diantara para pembalap sepeda yang rela menguras isi kantongnya hanya untuk mendapatkan sepeda yang dapat digunakan untuk balap. Tentu sepeda yang digunakan untuk balap ini sangatlah berbeda dengan jenis sepeda yang lainnya yang memiliki spesifikasi serta system kerja yang berbeda pula. Dalam hal melakukan balap, tentu para pembalap pun juga berkeinginan untuk dapat memaksimalkan pada tingkat kayuhan kakinya terhadap pedal agar dapat menghasilkan kecepatan yang tinggi, memang hal ini akan melelahkan, namun asalkan Anda mengetahui trik-triknya maka Anda tidak akan mudah merasa lelah.

Berikut ini adalah trik-trik yang dapat Anda lakukan agar balap sepeda Anda dapat menghasilkan kayuhan yang maksimal, yaitu sebagai berikut ini:

  • Atur pada ketinggian sadel sepeda Anda.

Posisi yang benar pada saat pedal berada di bawah tidak benar-benar lurus atau tertekuk sekitar pada 25 derajat dari posisi lurus, apabila kurang dari itu maka kayuhan tidak dapat maksimal.

  • Posisi lutut pada saat mengayuh.

Tahanlah pedal dengan posisi horizontal kemudian tarik garis lurus pada bagian tengah persendian.

  • Posisi tangan pada handlebar.

Usahakan posisi handlebar berada pada bawah ketinggian sadel.

  • Perhatikan pada jangkauan lengan.

Jangkauan lengan yang tepat dapat membuat posisi duduk pada sudut 45 derajat dari top tube sepeda balap Anda.

  • Telapak kaki pada saat berada di pedal.

Posisi ujung kaki harus berada di atas kumparan pedal hal ini bertujuan agar dapat menghasilkan efisiensi dalam hal mengayuh secara maksimal dan mengurangi cidera.

Di dalam melakukan balap dengan menggunakan sepeda balap andalan Anda pun haruslah di lakukan dengan cara yang tepat hal ini berguna untuk menghindari segala resiko yang nantinya akan Anda alami, termasuk mengalami cidera otot yang biasanya akan dialami oleh para pembalap yang menggunakan teknik bersepeda dengan cara yang salah dan tidak benar.

Menjaga kesempurnaan pada saat duduk di sadel hal ini lah yang sangat memungkinkan bahwa Anda dapat menciptakan kayuhan pada balap sepeda Anda dengan cara yang sempurna dan maksimal tanpa membuat otot Anda merasa cidera, sama halnya teknik yang ada di atas yang dapat membuat kayuhan Anda terasa nyaman dan juga efektif, maka Anda dapat untuk mencobanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *