Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Sepeda Gunung Sebelum Membelinya

Berbicara seputar sepeda, maka dipasaran terdapat berbagai macam jenis dan bentuk sepeda yang beragam. Sedangkan pada suatu aktifitas pun juga menggunakan jenis sepeda yang berbeda pula, salah satunya yaitu sepeda gunung yang digunakan untuk melintasi medan yang berat misalnya seperti perbukitan maupun area pegunungan. Sepeda jenis ini pun banyak di incar oleh para masyarakat yang menyukai dunia bersepeda untuk dapat melintasi puncak pegunungan tapa jalan kaki.

Sepeda yang satu ini pun memiliki banyak kelebihan yang dapat untuk Anda rasakan ketika Anda mengendarainya. Namun di balik dari kelebihannya tersebut, maka tidak akan terlepas dari yang namanya kekurangannya pula, sehingga sebelum Anda memutuskan untuk membeli sepeda jenis ini, maka alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai kelebihan serta kekurangannya terlebih dahulu agar Anda tidak merasa kecewa nantinya.

Baca juga: Kenali Jenis-Jenis Sepeda Gunung yang Ada di Pasaran

Sedangkan untuk ciri-ciri dari sepeda gunung itu sendiri yaitu:

  1. Sepeda ini sangatlah ringan, hal inilah keutamaan bagi sepeda untuk melintasi medan yang berat ini.
  2. Memiliki bentuk kerangka yang terbuat dari baja, alumunium serta yang terbaru akan terbuat dari bahan yang komposit serat karbon maupun carbon fiber reinforced plastic.
  3. Menggunakan peredam goncangan atau shock breaker.
  4. Memiliki ban yang mampu mencengkeram tanah dengan kuat.
  5. Sepeda jenis ini pun juga memiliki 18 hingga 30 gear pindah yang berfungsi untuk mengatur pada kecepatan serta kenyamanan dalam hal mengayuh pedalnya.
  6. Memiliki crabkset depan dengan memiliki 3 piringan serta cassette sprocket dengan 10 piringan, dengan begitu 3 X 10 = 30 pada tingkat kecepatannya yang berbeda.

Berikut ini adalah kelebihan dari jenis sepeda yang satu ini yang dapat Anda pahami sebelum membelinya yaitu sebagai berikut ini:

  1. Memiliki daya jelajah yang tinggi dan juga fleksibel, sehingga untuk melintasi medan yang menggunakan offroad maupun medan-medan kasar pun tidak menjadi masalah.
  2. Anda dapat memilih jenis serta tipenya sesuai dengan kebutuhan Anda, sehingga tidak akan meribetkan Anda.
  3. Sepeda ini pun tidak akan pernah kalah dengan perkembangan gaya atau trend yang ada.
  4. Untuk pemilihan part yang paling banyak tersedia di pasaran, baik untuk yang entry level hingga high end.

Di balik dari kelebihan sepeda gunung yang ada di atas, maka Anda dapat untuk memilih sepeda yang tipe serta jenis yang seperti apa yang saat ini Anda butuhkan. Melihat dari segi kebutuhan yang Anda perlukan pun juga hal yang perlu untuk Anda pahami lebih dalam lagi, karena jenis sepeda ini pun juga tidaklah murah, sehingga untuk mencegah rasa kecewa Anda nantinya karena salah memilih tipe dan jenis nya, maka perhatikan segala hal sebelum memutuskan untuk membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *