Bahan-bahan yang Digunakan untuk Membuat Frame Sepeda

Frame merupakan gambaran besar dari sebuah produk ataupun barang yang ada. Misalnya untuk frame sepeda maka merupakan bagian penting yang ada pada sepeda. Bagian tersebut merupakan bagian rangka yang harus ada untuk sepeda. Dan frame yang ada pada sepeda juga menjadi salah satu pertimbangan wajib ketika akan membeli sebuah sepeda yang diinginkan. Dimana tips memilih frame tersebut bisa untuk dipilih dari bahan yang digunakannya. Sebaiknya memilih frame yang tidak mudah karatan, mempunyai berat yang ringan, dan juga aman digunakan. Bahan frame tersebut terdiri dari beberapa bahan yang ada. Dimana beberapa bahan yang dijadikan sebagai bahan baku membuat frame untuk sepeda tersebut adalah:

  • Carbon fiber

Merupakan bahan pertama yang biasa dijadikan sebagai bahan untuk frame bentuk sepeda. Bahan ini biasanya terdapat pada jenis sepeda road bike dan juga mountain bike yang cocok digunakan untuk dikendarai di gunung. Jenis ini merupakan bahan yang paling baik digunakan karena mempunyai berat yang sangat ringan sehingga akan sangat nyaman digunakan. Dengan bahan yang ringan, dan juga karena bahannya menggunakan material yang sangat padat sangat berfungsi untuk dapat memberikan kenyamanan dengan mengurangi getaran ketika bersepeda. Oleh karena jenis ini sangat favorit untuk dijadikan bahan frame untuk sepeda. Tetapi dengan berbagai kelebihan tersebut, tidak heran juga apabila harga dari bahan frame ini juga yang paling mahal diantara semuanya.

  • Titanium

Bahan untuk membuat frame sepeda lainnya adalah menggunakan titanium. Dimana bahan ini sudah lama digunakan untuk membuat berbagai jenis sepeda. Apabila dengan bahan carbon fiber Anda bisa mendapatkan frame yang bagus, maka dengan bahan titanium ini Anda bisa untuk mendapatkan jenis frame untuk sepeda yang terbaik. Hal tersebut karena frame ini mempunyai berat yang sangat ringan daripada jenis lainnya. Sehingga jenis ini sering digunakan untuk merek sepeda yang mahal dengan penawaran kualitas yang terbaik.

  • Bahan alloy

Jenis bahan ketiga yang dapat dipilih adalah bahan alloy yang merupakan jenis bahan dari alumunium. Bahan ini merupakan bahan paling banyak digunakan untuk berbagai merek sepeda yang ada di pasaran karena merupakan bahan paling mudah ditemukan dan juga harganya yang dapat dijual dengan harga terjangkau. Untuk beratnya, jenis bahan dari alumunium ini juga ringan walaupun tidak seringan bahan carbon fiber ataupun dari bahan titanium.

  • Bahan chromoly

Dan bahan frame sepeda lainnya adalah dari chromoly yang merupakan kombinasi dari bahan steel, chromium dan juga molybdenum. Jenis ini mempunyai frame yang ringan dan digunakan untuk banyak merek sepeda. Jenis sepeda ini sendiri sering digunakan untuk sepeda yang digunakan untuk touring, untuk melakukan atraksi seperti sepeda BMX.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *