Simak Tips Cerdas Membeli Sepeda Ontel Tua untuk Dijadikan Koleksi

Sepeda mempunyai banyak jenis yang ada di pasaran dan bisa dipilih sesuai dengan fungsinya. Salah satu jenis sepeda yang ada di pasaran dan bisa dipilih oleh masyarakat adalah sepeda ontel yang mempunyai ciri khas dengan model sepeda yang tinggi dan juga mempunyai besi yang ada di depan tempat duduk hingga ke stir sepeda tersebut. Jenis sepeda ini sendiri merupakan sepeda lama yang dikenal dan telah digunakan semenjak jaman dahulu. Sehingga tidak heran apabila saat ini jenis ini banyak digunakan untuk koleksi saja dan juga kadang digunakan untuk pawai pecinta sepeda yang menggunakan kostum jaman dulu yaitu dengan kostum pakaian Belanda atau juga dengan kostum budaya terutama budaya jawa.

Karena keunikannya sepeda jenis ontel yang khas ini mempunyai peminat sendiri sehingga banyak yang mencarinya. Walaupun sebenarnya masih mudah ditemui tetapi para kolektor mencarinya karena jenis ini tidak mengeluarkan edisi baru lagi. Sehingga salah satu cara mendapatkannya adalah dengan membeli dari yang mempunyai jenis sepeda ini. Keuntungan dari jenis sepeda ini memang sangat baik digunakan untuk koleksi dan juga untuk menekuni hobi yang ingin bergabung dengan klub sepeda tua misalnya. Bagi Anda sendiri yang ingin membeli sepeda jadul ini, bisa untuk menggunakan beberapa tips berikut agar mendapatkan sepeda tua yang tepat.

  • Pilih membeli sepeda secara langsung

Ketika ingin membeli sepeda ontel ini sebaiknya Anda memilih cara pembelian secara langsung. Cara pembelian online memang akan sangat menguntungkan untuk barang-barang kecil tetapi dengan barang besar seperti sepeda biasanya akan merepotkan karena ongkos kirimnya yang mahal. Oleh karena itulah Anda dapat untuk membeli sepeda jenis ini secara langsung karena dapat untuk mengambil sepeda, mencobanya sendiri, dan juga memperhatikan kekurangan sepeda yang ditawarkan oleh penjual.

  • Perhatikan kondisi sepeda

Ketika akan membeli sepeda untuk koleksi dan juga menekuni hobi bersepeda bersama komunitas misalnya, maka salah satu hal yang harus dipenuhi adalah sepeda tua tersebut layak jalan. Perhatikan penampilan sepeda yang akan dibeli dan pastikan untuk membeli sepeda yang layak pakai yaitu yang masih bisa jalan, tidak rusak, bahannya tidak karatan, dan yang paling penting adalah semua komponennya masih ada dan bisa untuk digunakan. Anda juga harus mengujinya dengan melakukan test drive terlebih dahulu sebelum membelinya.

  • Pertimbangkan harga

Langkah selanjutnya ketika akan membeli sepeda ontel ini adalah dengan mempertimbangkan harga belinya. Biasanya harga sepeda jenis ini sendiri tidak akan terlalu tinggi tetapi yang mempunyai sejarah panjang seperti umurnya yang cukup tua tetapi masih terawat dengan baik biasanya akan mempunyai harga tinggi. Oleh karena itulah perhatikan dan diskusikan harga hingga mencapai kesepakatan antara penjual pembeli untuk mendapatkan sepeda tua tersebut.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *