3 Panduan Memilih Gear Sepeda Sesuai Medan Jalan yang Ditempuh

Bagi penyuka kegiatan bersepeda tentu penting sekali untuk memperhatikan pengaturan gear sepeda sehingga tidak asal kayuh. Pengaturan gear akan menentukan berat atau ringannya sepeda ketika dikayuh maka perlu dipelajari tekniknya secara mendetail. Sebab dalam bersepeda dikenal banyak teknik seperti teknik menikung sampai teknik mengerem pun tidak bisa asal. Semuanya melibatkan gear pada sepeda tersebut, kalau tidak paham komponen satu ini maka dijamin kegiatan bersepeda akan terasa lebih melelahkan dari yang seharusnya. Mengapa?

Pasalnya pengaturan gear yang tidak sesuai akan membuat kayuhan sepeda terasa sangat berat untuk melintasi jalanan yang menanjak ataupun yang datar. Bisa pula menimbulkan kayuhan terlalu ringan dan cenderung beresiko pengguna sepeda jatuh apabila memasuki jalanan yang menikung dan menurun. Keselamatan bersepeda juga sangat dipengaruhi oleh pengaturan gear ini, maka masihkah Anda menganggapnya sebelah mata? Secara umum jenis gear di pasaran ada banyak dan perlu disesuaikan dengan jenis sepeda yang dipakai sehingga mampu menghasilkan kecepatan maksimal.

Lebih Kenal dengan Pemilihan Gear

Baca juga: Pembahasan Seputar Gear Sepeda, Bermanfaat Bagi Anda yang Hobi Bersepeda

Menjadikan kayuhan sepeda lebih stabil bisa dengan jalan mengenal teknik mengatur gear sepeda secara cerdas. Berikut beberapa tuntunan dasar yang bisa dijadikan patokan:

  • Gear tepat untuk jalanan menanjak,

Pemilihan gear pun baiknya disesuaikan dengan topography jalan yang sering dilalui tatkala bersepeda, apakah menurun, menanjak, dan sebagainya. Khusus untuk jalanan yang cenderung menanjak seperti di pegunungan dan perbukitan baiknya memilih gear rendah. Komposisinya adalah memakai gear berdiameter kecil di bagian roda depan dan untuk roda belakang memakai gear dengan diameter paling besar, yakni antara nomor 1-2.

  • Gear yang cocok untuk jalanan normal,

Sementara untuk jalanan normal sepertinya tidak memerlukan gear dan sepeda jenis khusus sebab bisa memakai sepeda biasa. Umumnya pengguna sepeda ini dilakukan untuk rutinitas pergi dan pulang ke sekolah, kantor, dan lain sebagainya. Dianjurkan memakai gear menengah, sehingga mengoptimalkan kayuhan agar tidak terlalu ringan tidak pula terlalu berat. Komposisinya adalah memakai gear nomor 3-6 kemudian memilih rantai yang memiliki ring tengah sehingga tidak kesulitan mengatur kecepatan pada saat mengayuh sepeda tersebut.

  • Gear untuk jalanan yang menurun,

Sementara untuk jalanan yang menurun usahakan memilih gear tinggi sehingga ketika melewati jalanan menurun masih bisa mengendalikan laju sepeda. Gear tinggi pun baiknya dipilih dengan kombinasi rantai yang tepat untuk membantu memudahkan pengaturan kecepatan. Sekalipun jalanan menurun tidak dilewati terus menerus, maka masih bisa berpindah ke gear menengah untuk melewati jalanan yang normal. Memahami trik memilih gear yang tepat akan membuat tenaga selama mengayuh sepeda lebih efisien. Sehingga jangan asal memilih gear sepeda sebab salah-salah malah mempengaruhi keselamatan selama mengayuh sepeda tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *