Simak Kiat Perawatan Sepeda Ontel dengan Mudah dan Tepat

Menyukai barang tua seperti sepeda ontel tentu menjadi sebuah hobi yang menarik dan ada banyak orang memiliki ketertarikan yang sama. Bahkan ada beberapa komunitas penyuka sepeda tua jenis ontel ini sehingga bisa bergabung dan menambah ilmu mengenai perawatan sepeda jenis ini. Jika dulunya sepeda ini pertama kali populer ketika Jepang masuk ke tanah air, dan jumlahnya sangat banyak sampai memadati jalan sebagaimana mobil di zaman sekarang. Maka mencari ontel saat ini terasa sangat sulit jikalaupun ada onderdil nya sudah tidak 100% orisinil.

Baca juga: Cikal Bakal Sejarah Sepeda Ontel

Merawat Ontel Secara Optimal

Sepeda lawas tentu memerlukan perawatan lebih ekstra ketimbang sepeda keluaran terbaru, namun jangan sampai patah semangat. Asalkan sudah paham cara tepat memberikan perawatan dijamin tidak akan terasa berat dan berikut beberapa kiat perawatan yang patut untuk dicoba:

  • Menjaga kebersihan sepeda secara maksimal,

Komponen sepeda tua memang umumnya memakai material besi atau alumunium, meski beberapa merek terkemuka sudah memakai stainless. Akan tetapi resiko berkarat cukup parah tentu masih sangat menghantui. Maka dianjurkan memperhatikan kebersihan sepeda dengan seksama untuk menghilangkan dan mencegah korosi.

  • Gunakan air bertekanan rendah saat mencuci sepeda,

Khusus bagi pemilik sepeda ontel dengan onderdil yang masih original tentu setiap komponennya memiliki usia sama tua dengan rangka sepeda tersebut. Baiknya ketika dicuci memperhatikan kondisi air yang dipakai, baiknya bersih dan tidak berbau. Kemudian jangan memakai air bertekanan tinggi dengan penggunaan selang yang terhubung ke kran. Sebab bisa membuat onderdil yang sudah mulai menua lebih mudah keropos dan aus. Baiknya, guyur memakai air dengan gayung untuk menghindari komponen mengendur.

  • Pastikan rutin memberikan pelumas,

Pelumas atau oli merupakan kebutuhan penting untuk sepeda tua seperti ontel ini untuk menghindari karat di bagian vital, seperti gear, rantai, atau mungkin rem. Dianjurkan untuk memberikan oli atau pelumas jenis lain sesuai kebutuhan sepeda dengan kualitas baik. Sekaligus diberikan secara rutin sehingga karat dan kemungkinan adanya karat bisa dihindari sejak dini. Pertimbangkan untuk memberikan pelumas dari merek terbaik sehingga sepeda kesayangan tetap kinclong dan enak dikayuh ke berbagai sudut jalan.

  • Gunakan setiap hari meski hanya keliling rumah,

Memiliki kendaraan tua seperti sepeda zaman Jepang ini usahakan tidak didiamkan di garasi, kecuali memang tidak bisa dipakai sejak pertama kali dibeli. Usahakan untuk menggunakannya berkeliling setiap hari atau dua sampai tiga kali dalam seminggu. Tidak harus jalan jauh cukup keliling halaman rumah atau kompleks perumahan yang ditempati. Tujuannya untuk menjaga mesin sepeda lebih kuat dan mampu melawan serangan korosi, sekaligus mengecek kondisinya secara berkala. Kalau sudah dilakukan maka sepeda ontel tidak hanya kinclong namun masih aman dikayuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *