Tips Merawat Gear Sepeda dengan Benar Agar Rantai Tetap Dapat Bekerja dengan Maksimal

Gear merupakan salah satu komponen yang ada pada kendaraan seperti motor dan juga sepeda. Dimana gear tersebut adalah komponen yang digunakan untuk dapat memberikan tenaga ketika mengayuh sepeda. Sehingga rantai sepeda atau gear sepeda tersebut sangat penting untuk mendapatkan perawatan yang maksimal agar fungsinya tetap berjalan sebagainya mestinya. Anda bisa untuk melakukan perawatan tersebut sendiri dan harus dilakukan secara rutin sehingga rantai dapat memberikan kerja yang maksimal. Beberapa cara melakukan perawatan terhadap rantai sepeda yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut ini:

  • Memberikan pelumas pada rantai

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk perawatan rantai sepeda ini adalah diberikan pelumas. Anda dapat untuk memberikan pelumas dan mengolesinya di sepanjang rantai yang ada pada sepeda yang dipunyai. Sehingga nantinya rantai tersebut tetap dapat memberikan fungsinya untuk menjalankan sepeda dengan lebih ringan. Hal tersebut harus dilakukan setidaknya satu bulan sekali atau apabila merasa jalan sepeda sudah mulai berat karena rantainya yang kering. Oleh karena itulah fungsi pelumasan rantai sepeda ini sangat penting dan juga bisa untuk mencegah rantai karatan sehingga memperpendek masa usianya.

  • Hindari menggunakan pelumas oli bekas

Tips perawatan gear sepeda sederhana selanjutnya adalah dengan memilih pelumas yang tepat. Pelumas tersebut memang harus diberikan dengan rutin agar rantai tetap ringan ketika digunakan. Akan tetapi banyak kesalahan yang biasanya dilakukan oleh masyarakat yaitu memberikan pelumas oli bekas pada rantai. Padahal hal tersebut keliru karena dapat memberikan korosi pada rantai dan dapat untuk memperpendek usia rantai. Oleh karena itulah disarankan menggunakan pelumas khusus yang memang dapat digunakan untuk pelumas sepeda. Dengan begitu rantai Anda bisa untuk awet dan menghindari kesalahan ketika memberikan oli bekas pada rantai sepeda.

  • Membersihkan gear

Langkah untuk merawat gear dalam sepeda lainnya adalah dengan rajin membersihkan rantai. Caranya juga mudah dengan menggeser rantai ke bagian yang kecil dan bersihkan bagian tempat rantai tersebut. Bagian tersebut harus bersih dari debu dan kotoran yang sudah melekat pada tempat rantai karena digunakan untuk beraktivitas. Selain itu, bagian sprocket, chainnringsnya juga harus dibersihkan agar turut serta merawat gear supaya awet digunakan.

Beberapa tips diatas merupakan cara perawatan mudah untuk gear sepeda yang Anda punyai. Sehingga sepeda yang Anda miliki tetap dapat digunakan dan menghindari rantai yang kasar dan kering. Dimana apabila rantai tersebut kering dan tidak dirawat dengan diberi pelumas maka bisa menyebabkan kekurangan seperti jalannya yang menjadi berat. Selain itu rantai sepeda lebih rentan lepas dan bisa rusak karena tidak mendapatkan perawatan yang seharusnya. Oleh karena itulah apabila Anda ingin rantai tetap awet akan lebih baik untuk melakukan perawatan secara rutin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *