Kenali Jenis-Jenis Sepeda Gunung yang Ada di Pasaran

Berbagai kesibukan dan aktivitas keseharian kerapkali membuat pikiran stres dan tertekan. Jika sudah begini, terkadang pelampiasan yang dilakukan menjadi ke hal yang negatif karena pikiran yang sudah kalut. Untuk itu, ada baiknya sebelum stres melanda, ada baiknya jika Anda meluangkan waktu sejenak untuk bisa memberikan waktu istirahat untuk pikiran dengan melakukan hal-hal menyenangkan misalnya bersepeda ke gunung dengan sepeda gunung atau dengan aktivitas positif lainnya.

Bersepeda ke gunung memang sedang menjadi aktivitas yang banyak disukai oleh anak muda. Umumnya para penggemar olahraga ini adalah pecinta aktivitas yang ekstrim sehingga selalu mencari tantangan baru untuk ditaklukkan. Bersepeda ke gunung memang bukan aktivitas yang mudah mengingat medan gunung yang tidak rata dan terjal. Oleh karena itu, pastikan menggunakan sepeda yang khusus dipakai untuk perjalanan di pegunungan. Berikut ini beberapa jenis sepeda gunung yang bisa dijadikan pilihan:

  • Sepeda hardtail (HT)

Sepeda yang satu ini bisa dipakai untuk dua fungsi sekaligus yaitu untuk bersepeda di gunung dan juga bersepeda di jalanan beraspal. Anda bisa menggunakan sepeda ini untuk melalui medan berbatu, terjal di pegunungan namun tetap bisa memanfaatkannya ketika akan pergi ke kantor dengan medan beraspal dan akan tetap nyaman.

  • Sepeda cross country race

Untuk penyuka olahraga yang ekstrim, maka pasti sudah tahu jenis sepeda yang satu ini. Sepeda ini merupakan sepeda yang sengaja dirancang khusus untuk bisa menaklukkan medan cross country. Bobotnya begitu ringan sehingga ketika dipakai untuk jalan menanjak akan cepat namun tetap lincah ketika menurun.

  • Sepeda cross country trail

Untuk pesepeda yang gemar menggunakan jalur single track dengan dominasi jalan yang berbatu dan terjal, maka sepeda cross country trail ini akan sangat cocok untuk Anda. Suspensinya ada di bagian depan serta belakang dengan standar ukuran 5 inchi menjadikannya sangat nyaman untuk digunakan di trek yang menurun dan berbatu.

  • Sepeda all mountain

Geometri yang ada pada sepeda yang satu ini akan memberikan stabilitas yang cenderung baik ketika area yang Anda lalui menurun dan curam. Dengan travel sebesar 6 inchi menjadikannya digemari oleh para atlet freeride.

  • Sepeda freeride

Jika Anda penyuka downhill, maka pasti akan mengenal sepeda yang satu ini dimana biasa dipakai untuk medan menurun dan tajam sembari melakukan trik bersepeda. Anglenya cukup rendah sehingga lincah ketika diajak menurun.

Itulah beberapa jenis sepeda gunung yang perlu Anda tahu. Dengan mengetahui semua jenisnya, maka Anda akan bisa memilih jenis sepeda yang tepat untuk aktivitas Anda. Jangan sungkan menanyakan rekomendasi pada penjual sehingga mereka bisa memberikan pilihan lebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *