Mengenal Lebih Dekat Tentang Sepeda Road Bike

Sepeda merupakan alat transportasi yang banyak digunakan sejak zaman dulu sebelum motor dan mobil merakyat seperti saat ini. Meski begitu, terbukti jika sepeda masih banyak peminat hingga saat ini. Selain digunakan sebagai alat transportasi, sepeda juga banyak digunakan untuk media berolahraga. Banyak sekali jenis sepeda yang ada saat ini disesuaikan dengan fungsinya mulai dari sepeda road bike, sepeda gunung, sepeda BMX, sepeda fixie hingga sepeda listrik.

Namun untuk pembahasan kali ini adalah terkait sepeda jenis road bike. Sepeda road bike ini pada dasarnya adalah sepeda balap. Meski namanya sepeda balap, namun sepeda ini tak hanya digunakan oleh para profesional saja. Masyarakat umum pun banyak menggemari sepeda balap ini hanya sebagai hobi atau media olahraga saja. Sepeda balap memiliki ciri sebagai berikut:

Baca juga: Kelebihan Dan Tips Memilih Sepeda Road Bike

  • Ukuran ban luar lebar namun ramping dengan tebal 2,5 cm saja. Tekanannya cukup tinggi yaitu sekitar lebih dari 100 psi dengan permukaan ban halus sehingga bisa mengurangi getaran terlalu besar.
  • Bagian gear di sepeda balap ini memakai kecepatan yang berbeda. untuk ukutan gerigi di pedalnya super besar demi bisa mendapat kecepatan tinggi.
  • Bagian rangkanya ringan sehingga bobot sepeda ini juga cenderung ringan.

Sepeda balap sendiri memiliki banyak sekali jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini beberapa jenis sepeda balap yang ada di pasaran:

  • Touring bicycles – sepeda ini dirancang untuk bisa melakukan tur dengan nyaman serta kuat dan juga mampu membawa beban yang berat.
  • Hdybrid bicycles – biasa disebut dengan sepeda hibrid dimana digunakan untuk ragam tujuan rekreasi secara utilitas. Sepeda jenis ini adalah sepeda yang merupakan gabungan dari sepda gunung dan sepeda balap. Bisa terlihat dari ciri frame-nya yang kuat namun dengan pelek lebar.
  • Utility bicycles – sepeda yang satu ini merupakan sepeda yang dipakai untuk kenyamanan dalam utilitas misalnya dipakai untuk belanja, berangkat ke kantor dan bersepeda di jalanan aspal saja.
  • Recumbent bicycles – sepeda ini cukup unik karena pengendaranya bisa berbaring di sepeda. Tujuan pembuatannya dalah untuk rekreasi dan sekedar bersenang-senang.
  • Vintage road bicycles – sepeda ini adalah jenis sepeda klasik dan sudah lama sehingga sulit untuk ditemukan. Sepeda tua ini dibuat dengan pipa baja sehingga bobotnya agak berat. Sepeda ini bisa dilihat di para kolektor sepeda karena sudah tidak beredar bebas di pasaran.
  • Flatbar road bike – sepeda ini memiliki ciri setang yang datar dan merupakan sepeda jenis baru di dunia sepeda jenis road.

Itulah beberapa jenis sepeda road bike yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui semua jenisnya, maka Anda akan bisa memilih sepeda yang memang sesuai dengan kebutuhan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *