Tips Membersihkan Rantai Sepeda BMX Mini yang Bisa Anda Lakukan

Sepeda BMX mini bukan hanya diperuntukkan untuk anak kecil saja karena banyak juga orang dewasa yang suka menggunakan jenis sepeda ini untuk teknik freestyle yang lebih unik dan menantang. Ukurannya yang kecil memang memberikan kesulitan dan tantangan tersendiri, namun tetap saja banyak yang menggemarinya. Kini sepeda BMX dengan ukuran kecil sudah bisa dengan mudah ditemukan di toko-toko sepeda terdekat karena permintaannya yang memang besar di pasaran. 

Namun dalam bagian sepeda jenis apapun juga, rantai merupakan benda yang amat penting, terlebih bagi Anda yang merupakan atlet freestyle sehingga rantai pada sepeda BMX mini Anda tentu harus dijaga betul sehingga sepeda bisa selalu memiliki performa yang bagus. Para ahli sepeda berpendapat jika sepeda harus selalu dicuci serta bagian rantai butuh diberikan pelumas setiap selesai dipakai. Hal ini demi menjaga agar kondisi sepeda selalu baik dan performanya bisa selalu maksimal. 

Namun jika melihat kenyataannya, maka pasti Anda tahu jika banyak yang mengidentikkan sepeda dengan benda yang sudah seharusnya kotor. Hal ini karena lumpur atau kotoran yang menempel di bagian-bagian sepeda akan mampu membuat masalah dan hingga kerusakan parah tanpa Anda sadari, apalagi setelah berjam-jam dan bahkan berhari-hari tidak dibersihkan. Padahal perlu diketahui jika membersihkan sepeda tidaklah serumit dan semelelahkan yang dibayangkan. 

Jika Anda hari ini berencana untuk membersihkan sepeda Anda, maka berikut ini beberapa tipsnya:

  • Pertama siapkan semua peralatan untuk bersih-bersih mulai dari ember yang sudah diisi dengan air hangat serta dicampur dengan sabun pencuci piring yang cair, pelumas sepeda, sarung tangan untuk melindungi tangan Anda, kain lap, cairan pembersih untuk rantai sepeda hingga sikat berbulu kaku.
  • Pertama bersihkan dulu bagian kerangka sepedanya. Tidak ada trik khusus untuk membersihkan kerangka karena yang terpenting sepeda bebas kotoran. Dengan air yang hangat, maka beberapa bagian yang terkena noda minyak akan mudah hilang.
  • Lalu masuk ke bagian rantai yaitu dengan menyemprotnya lebih dulu dengan air sehingga semua kotoran hilang. Setel rantainya pada bagian depan ke gerigi yang paling tinggi sedangkan di bagian belakang adalah gerigi terendah agar lebih leluasa. Gosok rantai memakai air panas dan bantu menggunakan sikat.
  • Sesudah rantainya bersih, oles dan semprot cairan pembersihnya sehingga bisa mengenai ke kaitan. Jika sudah kering, lanjutnya dengan melumasi rantai dengan pelumas sehingga perputarannya tetap lancar.

Itulah tips bagi Anda yang aktif di dunia freestyle dengan sepeda BMX mini. Ada baiknya jika Anda bisa rutin membersihkan sepeda sehingga sepeda bisa selalu terawat dan bersih. Selain itu, rantai yang rutin diberi pelumas juga akan membantu Anda untuk bisa bergerak dengan baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *