Tips Membeli Sepeda Bekas Agar Tidak Salah Beli

Membeli sepeda baru bisa memberikan kepuasan dan tidak perlu repot mengeceknya. Namun jika dana Anda terbatas, solusinya bisa membeli sepeda bekas yang kondisinya masih bagus. Kadang malah ada sepeda bekas yang  kondisinya melebihi spesifikasi yang baru namun ada juga yang sebaliknya.

Membeli sepeda bekas harus cermat dan teliti, jangan sampai sepeda yang dibeli ternyata kondisinya sudah tidak layak pakai. Selain merugikan secara finansial, sepeda yang kualitasnya menurun bisa membahayakan saat digunakan. Nah, agar terhindar dari hal tersebut bisa perhatikan dan ikuti tips memilih sepeda second berikut ini:

Baca juga: Tips Membeli Sepeda Bekas Model Mount Bike

Sesuaikan Dengan Budget

Tentukan batas maksimal budget yang akan dikeluarkan/ tersedia. Jangan sampai sepeda yang Anda inginkan ternyata harganya lebih mahal dari anggaran dana Anda. Harga sepeda second sudah pasti lebih murah dari harga yang kondisinya masih baru. Sebelum membeli sepeda second sebaiknya cari terlebih dulu informasi seputar harga sepeda. Informasi harga yang Anda dapatkan bisa dijadikan bahan perbandingan saat membeli sepeda baru.

Reputasi Penjual

Beli sepeda ke penjual yang memiliki reputasi baik. Jika Anda membeli melalui online bisa cek reputasi penjual dari testimony atau review. Untuk lebih pasti bisa tanyakan ke teman atau saudara yang pernah membeli sepeda ke penjual/ toko tersebut.

Cek Kondisinya

Periksa terlebih dulu kondisi sepeda. Mulai dari kondisi catnya dan kondisi keseluruhan sepeda. Caranya coba periksa rantainya, cognya. Untuk mengecek kondisi rantai caranya bisa putar roda dalam kondisi sepeda dibalikkan. Rantai yang masih bagus ciri-cirnya tidak mengeluarkan suara pada waktu diputar. Perhatikan bagian rim dan bantalan rem-nya, apakah posisinya bertabrakan atau tidak. Periksa juga pedalnya apakah memutar bebas atau tidak.

Coba Terlebih Dulu

Kelebihan membeli sepeda second langsung adalah bisa melihat kondisinya secara langsung dan mencobanya. Cobalah naiki sepeda dan boseh beberapa langkah ke depan. Bagaimana rasanya, apakah Anda nyaman atau tidak. Jika dirasa kurang nyaman, sebaiknya pilih sepeda yang lainnya.

Tanya Mengapa Sepeda Dijual Dan Bagaimana Kondisinya

Alasan sepeda second dijual oleh penjualnya bisa dijadikan bahan patokan apakah sepeda tersebut layak dibeli atau tidak. Selain itu tanyakan bagaimana kondisinya, jika ada bagian yang rusak pertimbangkan biaya untuk memperbaikinya.

Minta Jaminan

Walaupun kondisinya second cobalah minta jaminan kepada penjual. Misalnya: mengenai spartpart sepeda apakan asli atau palsu. Jika ternyata informasi yang diberikan penjual tiffak sesuai maka garansi yang diberikan sangat membantu.

Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Pastikan dulu apakah sepeda second yang Anda akan beli digunakan untuk beraktivitas sehari-hari, olahraga, bergaya atau pertandingan. Jenis kebutuhan yang Anda lakukan mempengaruhi jenis sepeda yang tepat . Dengan demikian Anda tidak akan salah membeli sepeda bekas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *