Tips Memilih Helm Sepeda yang Tepat dan Sesuai Kebutuhan

Sama halnya seperti menggunakan sepeda motor, saat menggunakan sepeda-pun wajib menggunakan helm. Fungsi helm adalah melindungi dari benturan akibat terjatuh dsb. Selain mempertimbangkan fungsinya, helm sepeda bisa membuat penampilan saat bersepeda lebih keren dan stylish. Berikut ini kita akan membahas mengenai tips memilih helm sepeda yang tepat.

Sesuaikan Dengan Aktivitas

Ada banyak jenis sepeda dan tujuan bersepeda setiap orang bisa berbeda-beda dengan orang lain. Aktivitas yang dipilih menentuka jenis helm yang digunakan, misalnya untuk pengguna roadbike bisa menggunakan helm yang lebih ringan dan bentuknya aerodinamis.

Sedangkan untuk aktivitas mountain bike lebih mengedepankan melindungi kepala jika terjadi benturan atua benda jatuh selama perjalanan, seperti: ranting pohon, bebatuan dsb. Pilih bagian visor yang mampu melindungi mata dari sinar matahari atau benda-benda kecil yang terbang.

Jika aktivitas bersepeda Anda bersifat ekstrim bisa gunakan helm yang modelnya full face. Selain melindungi kepala juga melindungi cidera dari area dagu saat terjatuh.

Sesuaikan Ukurannya

Ukuran helm sepeda beragam dan kebanyakan sudah dilengkapi dengan strap yang adjustable. Untuk mendapatkan ukuran yang tepat, sebaiknya sebelum membelinya. Lingkaran terbesar adalah 2 cm dari atas alis. Pilih helm yang pas di kepala, hindari menggunakan helm yang terlalu pas karena bisa menyebabkan kepala pusing.

Cobalah helm yang pas lalu geser ke kanan kiri. Jika bergesernya banyak, coba kencangkan sizing ringnya. Lalu cobalah geser ke depan belakang, jika terlalu banyak bergeser lakukan adjustement di chinstrapnya. Apabila terlalu panjang cobalah helm yang ukurannya lebih kecil.

Beli Helm Yang Kondisinya Masih Baru

Kemampuan foam dalam hal meredam benturan seiring waktu lama kelamaan akan menurun, apalagi pernah terjatuh atau terkena benturan. Itu sebabnya disarankan membeli helm yang kondisinya masih baru. Hindari membeli helm yang bekas walaupun kondisinya masih bersih dan megkilat.

Perhatikan Modelnya

Pilih helm yang maching dengan warna frame atau rangka yang digunakan. Warna yang selaras bisa membuat penampilan saat bersepeda terlihat lebih keren dan stylish.

Demikian informasi singkat mengenai tips memilih helm untuk bersepeda yang tepat dan berkualitas. Untuk mengetahui dengan jelas gambaran jenis dan model helm sepeda bisa lihat di situs jual beli kesayangan Anda Bukalapak.com.

Di Bukalapak Anda akan mendapatkan berbagai jenis helm sepeda sesuai dengan aktivitas bersepeda Anda. Selain itu Anda tidak perlu bingung, karena helm yang dijual dilampirkan pula penjelasan lengkapnya. Mulai dari bahan, ukuran, harga dsb. Jika ada helm yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan, Anda tinggal memesannya dan kami akan mengirimkan langsung ke alamat yang Anda cantumkan. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *