Pembahasan Seputar Gear Sepeda, Bermanfaat Bagi Anda yang Hobi Bersepeda

Sekarang sudah banyak jenis sepeda yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas para pengguna. Ada sepeda gunung, sepeda bmx, sepeda lipat dsb. Setiap jenis-jenis sepeda tersebut memiliki beberapa tipe/ jenis. Selain itu setiap jenis sepeda memiliki gear sepeda yang berbeda dengan sepeda jenis lainnya.

Sepeda memiliki gear yang bisa dipindahkan sesuai kebutuhan. Namun sayangnya masih banyak pengguna sepeda yang tidak tahu bagaimana caranya menggunakan gear sepeda. Menggunakan gigi sepeda yang salah bisa menyebabkan sepeda cepat rusak. Berikut ini kita akan membahas bagaimana caranya menggunakan gigi sepeda yang baik dan benar. Yuk langsung saja simak pembahasannya berikut ini:

Baca juga: Jenis Dari Gear Sepeda

Tingkatan Gigi Sepeda

Gigi sepeda memiliki beberapa jenis tingkat, ada yang 21, 22 bahkan ada yang sampai 27 speed. Tingkat kecepatan sepeda tergantung dari jumlah gii depan dikalikan dengan gigi belakang. Jumlah gigi belakang ada yang 7, 8 dan 9. Jadi pertama-tama kenali dulu gear depan dan belakang. Berikut ini beberapa tingkatan gear  sepeda yang perlu Anda ketahui:

  • Gigi Depan Posisi 1

Posisi ini adalah posisi pada waktu rantai berada di posisi gigi yang paling kecil. Fungsi tingkatan gigi ini adalah saat sedang melalui jalan menanjak atau pada waktu sedang membawa beban yang lumayan berat. Menggunakan gigi ini dapat membantu pengendara melewati jalanan menanjak tanpa harus turun dari sepeda untuk mendorongnya.

  • Gigi Depan Posisi 2

Posisi ini adalah dimana posisi rantai berada di gigi tengah. Gunanya posisi ini adalah pada waktu bersepeda santai. Cocok untuk Anda yang suka bersepeda dengan tujuan jalan-jalan atau cocok bagi pengguna sepeda yang tidak kuat memboseh.

  • Gigi Depan Tingkat 3

Posisi ini adalah posisi rantai ada di gigi depan yang ukurannya paling besar, biasanay memboseh menjadi lebih berat. Penggunaan gigi ini cocok untuk jalanan yang menurun sehingga meringankan beban saat memboseh. Sepeda dengan kecepatan 22 atau 27 jika dipadukan dengan gigi belakang bisa membuat sepeda melaju sampai 60 kilometer perjam.

Cara memindahkan gigi bagian depan adalah dari gigi 1 sampai 3. Bosehlah sepeda dengan cepat namun jangan terlalu bertenaga. Kemudian dengan kecepatan yang kuat tekan atau putarpengatur gigi depan ke posisi 2 atau 2. Kecepatan yang kuat bisa mencegah rantai bergesekan dengan gigi.

Untuk menurunkan ke gigi yang kecil bisa langsung diadjust tanpa mengurangi kecepatan memboseh. Nah, dengan mengetahui fungsi gigi sepeda Anda bisa menggunakannya dengan benar sesuai dengan kondisi jalanan yang dilalui. Selain itu, Anda bisa menelusuri apa saja kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh para pengguna sepeda terhadap gear sepeda. Semoga artikel ini dapat menambah informasi khususnya seputar cara bersepeda yang benar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *