Tips Memilih Sepeda Anak yang Tepat dan Berkualitas

Kegiatan bermain buat anak, selain menyenangkan bisa membuat tubuhnya sehat dan bugar. Anda harus memilih sepeda anak yang tepat sesuai dengan usianya. Selain itu pilih sepeda yang berkualitas bagus dan awet.

Berbagai jenis sepeda anak sekarang tersedia di berbagai toko sepeda baik offline maupun di situs jual beli online seperti di Bukalapak.com. Masalah harga bervariasi, ada yang dijual dengan harga yang murah, ada juga yang lumayan mahal. Beberapa merk sepeda terkenal dan berkualitas diantaranya seperti: United, Wimcycle, Polygon dan masih banyak merk lainnya yang berkualitas.

Jika membeli sepeda untuk anak poin penting yang harus diperhatikan adalah fungsi dan keamanannya. Percuma jika membeli sepeda yang bermerk dan harganya mahal jika saat digunakan oleh anak tidak pas atau tidak nyaman.

Berikut ini kami akan memberikan tips memilih sepeda yang bisa dijadikan bahan panduan saat membeli sepeda untuk buah hati Anda.

Ukuran Yang Tepat

Sebelum Anda memutuskan membeli pastikan ukuran sepeda tersebut sesuai dengan ukuran tubuh anak. Jangan sampai anak kesulitan mencapai pedalnya karena sepeda yang Anda beli terlalu tinggi. Jadi pastikan anak dapat menggapai dan mengayuh pedal. Pastikan lututnya tidak menyentuh stang saat mengayuh.

Model Stang Tepat

Pada saat memilih sepeda, perhatikan model stangnya. Jangan pilih sepeda yang stangnya terlalu jauh maupun terlalu dekat saat ia duduk di jok. Pastikan anak dapat dengan mudah meraih stang.

Bahan Velg

Velg sepeda yang berkualitas adalah yang bahannya terbuat dari logam campuran. Biasanya terbuat dari bahan alumunium yang lebih mudah dicengkram oleh rem saat bersepeda di jalanan yang basah.

Perhatikan Remnya

Rem merupakan bagian sepeda yang vital, itu sebabnya saat memilih sepeda pastikan bagian rem-nya dapat berfungsi dengan baik. Cobalah terlebih dulu sebelum membeli, caranya putar rodanya kemudian rem. Jika rem berfungsi dengan bagus maka Anda bisa memilihnya, namun jika saat direm sepeda mengeluarkan bunyi sebaiknya pikirkan kembali membeli sepeda tersebut karena artinya ada masalah dengan remnya.

Rangka Sepeda Anak

Bagian yang penting yang harus diperhatikan saat memilih sepeda untuk anak-anak adalah bagian rangka atau frame-nya. Rangka mempengaruhi kekuatan sepeda. Pilihlah sepeda yang rangkanya lurus dari depan ke belakang. Untuk mengetahuinya caranya bisa lihat dari arah ban depan ke belakang. Apabila terlihat dari ban depan sampai belakang lurus maka ban tersebut bagus. Tapi jika tidak lurus sebaiknya pilih sepeda yang lain.

Demikian tips memilih sepeda anak yang bisa dijadikan bahan pertimbangan agar mendapatkan sepeda yang tepat, berkualitas dan tahan lama. Dan yang tidak kalah penting adalah memilih sepeda sesuai dengan usia anak dan postur tubuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *