Merawat Sepeda Listrik Yang Benar Agar Awet Dan Tahan Lama

Perawatan sepeda listrik sudah seharusnya dilakukan agar kondisinya tetap prima dan terjaga performanya. Sepeda listrik bentuknya hampir sama dengan sepeda pada umumnya perbedaannya adalah sepeda ini dibekali dengan motor listrik.

Kelebihan Dan Kekurangan

Ada kelebihan sepeda listrik yang juga memberikan manfaat bukan hanya untuk penggunanya namun untuk lingkungan. Manfaatnya antara lain adalah menggunaan tenaga baterai sehingga pengguna tidak harus mengayuhnya. Bebas dari polusi karena tidak mengeluarkan asap dan aman, artinya dengan menggunakan sepeda ini Anda turut serta mengurangi polusi udara. Sepeda ini hanya memiliki kecepatan maksimal 45 km perjam, jadi cukup aman digunakan oleh anak-anak.

Selain memiliki kelebihan, sepeda ini memiliki juga kekurangan. Dengan mengetahui kekurangan sepeda, Anda dapat mengantisipasi dan mencegah agar tidak mengalami masalah. Beberapa kekurangan sepeda ini diantaranya adalah durasi untuk pengisian baterainya lumayan lama, selain itu daya tahan baterainya lumayan rendah.

Cara Perawatan Sepeda

Kelebihannya tersebut akan maksimal jika dilakukan perawatan yang benar. Berikut ini kami akan memberikan informasi cara merawat sepeda yang menggunakan tenaga baterai.

  • Jangan Lupa Untuk Isi Ulang Baterai

Jika Anda memiliki sepeda ini jangan lupa untuk mengisi baterainya. Jangan biarakan baterai kosong dalam waktu yang lama karena akan memperpendek usia baterai. Jika baterai sudah tidak maksimal digunakan maka Anda harus menggantinya dengan yang baru. Artinya Anda harus mengeluarkan uang untuk membelinya.

  • Durasi Isi Ulang Baterai

Pemilik sepeda ini harus mengetahui durasi ideal pengisian kapasitas baterai, yaitu:

  • Baterai ukuran 36V 12 Ah, pengisiannya maksimal 5 jam.
  • Baterai ukuran 48V 12 Ah, pengisiannya maksimal 6 jam.
  • Baterai ukuran 48V 20 Ah, pengisiannya maksimal 8 jam.
  • Baterai ukuran 48V 7 Ah, pengisiannya maksimal 4 jam.

Hindari mengisi baterai hingga over charge atau terlalu lama karena bisa mengakibatkan baterai cepat rusak.

  • Hindari Jalan Yang Terlalu Menanjak

Sepeda jenis ini lebih cocok digunakan untuk dimedan jalan perkotaan dan untuk jarak dekat. Sebaiknya hindari melalui jalan bergelombang atau menanjak, pilih jalan yang halus dan rata.

  • Hindari Akselerasi Mendadak

Melakukan gas penuh dengan mendadak saat sepeda dinyalakan merupakan kesalahan yang fatal karena arus listrik maksimal akan mengalir ke bagian controller, akibatnya bisa cepat lama dan beresiko cepat rusak.

  • Cek Sistem Rem Secara Berkala

Rem merupakan komponen paling penting pada sebuah kendaraan. Itu sebabnya harus selalu cek rem secara rutin dan berkala. Pastikan rem sepeda listrik berfungsi dengan baik. Jika rem-nya bermasalah atau komponen lainnya segera bawa ke bengkel resmi untuk mendapatkan perbaikan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *