Jenis Dan Ciri-Ciri Sepeda Gunung

Sepeda gunung atau mountain bike merupakan sepeda yang didesain khusus untuk medan outdoor yang berat. Pada tahun 1970di daerah sekitar perbukitan San Fransisco adalah awal diperkenalkannya sepeda jenis MTB.

Baca juga: Harga Sepeda Terbaru Element Tipe Sepeda Gunung Dan Sepeda Lipat

Ciri-Ciri Sepeda Mountain Bike

Sekarang sudah banyak produsen sepeda yang memproduksi sepeda gunung, seperti: Polygon, United dsb. Masalah harganya, sepeda ini dibandrol bervarisi, ada yang mahal maupun yang murah. Jika Anda berencana membeli sepeda mountain bike, ketahui terlebih dulu ciri-cirinya sebagai berikut:

  • Desainnya dinamis dan bobotnya ringan.
  • Kerangkanya terbuat dari baja, alumunium dan ada yang terbuat dari komposit serat karbon.
  • Memiliki peredam terhadap guncangan saat berkendaraan.
  • Ban yang digunakanadalah ban tahu, disebut demikian karena bentuknya menyerupai tahu (kotak). Ban jenis ini memiliki kemampuan mencengkram tanah dengan baik.
  • Memiliki 18-30 gear yang bisa dipindah-pindahkan. Berguna untuk mengatur kenyamanan saat bersepeda dan saat menggenjot pedal.

Jenis-Jenis Sepeda Mountain Bike

Ada beberapa jenis sepeda mountain bike berdasarkan kegunaan atau fungsinya, yaitu:

  • Cross Country

Sepeda ini dirancang khusus untuk melewati medan yang tidak ekstrim. Memiliki suspense depan, namun ada juga yang tidak memiliki suspense depan. Sepeda ini direkomendasikan untuk para pemula yang hobi bersepeda gunung.

  • All Mountain

Sepeda ini bisa digunakan untuk jalur light DH atau Down Hill dan bisa dipadukan dengan cross country. Didesain khusus melewati jalanan yang  berat, seperti jalanan menurun dan menaiki bukit, melintasi medan yang banyak batu dsb. Memiliki dua suspense depan dan belakang. Keunggulan sepeda MTB jenis ini adalah pada ketahanan dan kenyamannya.

  • Free Ride

Sepeda jenis ini mampu melakukan lompatan yang tinggi dan gerakan ekstrim lainnya. Memiliki rangka yang kuat dengan bobot yang lebih berat, sehingga kurang cocok digunakan untuk perjalanan jauh ataupun jalan menanjak.

  • DownHill

Sepeda ini khusus digunakan untuk medan ekstrim. Memiliki suspense ganda yang fungsinya untuk menstabilkan goncangan dan baik membantu pada waktu di tikungan agar tidak mengalami manufer. Khusus dirancang menuruni buki dan aman saat melaju kencang. Sayangnya sepeda ini kurang nyaman dalam hal mengayuh, karena dirancang sangat kuat.

  • Dirt Jump

Sepeda ini cocok digunakan untuk orang yang tinggal di diperkotaan. Baik digunakan sebagai alat transportasi dan bisa digunakan untuk kebut-kebutan dengan kecepatan tinggi. Bahkan ada yang menggunakan sepeda ini untuk melakukan atraksi melompat dan gerakan ekstrim lainnya. Karena fungsinya hampir sama dengan sepeda BMX, banyak yang tidak bisa membedakannya. Perbedaannya bisa dilihat dari bentuknya, pada sepeda dirt jump bentuknya diperbesar, sehingga sepeda gunung ini diberi nama lain yaitu sepeda trial atau urban MTB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *