Pembahasan Seputar Sepeda Cross Country

Bagi para penggemar dan pecinta sepeda, tentu mengetahui apa itu sepeda cross county. Sepeda ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, biasanya digunakan untuk bersepeda santai. Ada juga yang menggunakannya untuk alat transportasi ke kantor, sekolah, komunitas bikework dsb.

Ciri Khas Cross Country

Sepeda Cross Country merupakan jenis sepeda sport yang didesain untuk meningkatkan kecepatan saat digunakan di track offroad. Sepeda ini digunakan juga untuk kegiatan mountainbiking yang sudah diresmikan pada olimpiade olimpic sport pada tahun1996 dan menjadi salah satu cabang mountain biking yang diselenggarakan pada acara pekan olahraga internasional tersebut.

Jenis track yang umumnya digunakan oleh crosscontry adalah camuran track hutan yang kasar namun smooth. Track ini memungkinkan para pesepeda mendapatkan kecepatan yang tinggi dengan basis single atau double track, tergantung pada ukuran lebar track itu sendiri.

Sepeda ini termasuk sepeda yang memiliki bobot ringan yaitu sekitar 7-15 kilogram. Biasanya sepeda ini menggunakan fork bersuspensi pada bagian depannya yang fungsinya sebagai peredam getaran. Ukuran travelnya sekitar 100 mm, walaupun ada juga para pesepeda yang lebih memilih menggunakan fork dengan travel sekitar 125 mm – 150mm.

Tidak semua sepeda ini berjenis hardtail, ada beberapa sepeda yang menggunakan suspense bagian belakang. Geometry dari sepeda ini biasanya akan menempatkan pesepedanya pada posisi tegak lurus layaknya saat menggunakan sepeda mountainbike yang lain seperti downhill, AM dll. Hal ini yang membedakannya dengan roadbike yang menempatkan pesepeda dengan posisi membungkuk.

Model helm yang digunakan oleh para pesepeda contry bermacam-macam, ada yang open face helmet dan full face helmet. Pemilihan sepeda bisa tergantung pada track yang dilewati.

Perlombaan Cross Country

Istilah cross country disini lebih merujuk kepada daya tahan dan teknik para pengendara. Lamanya waktu perlombaan bervariasi, ada yang 30 menit bahkan ada yang sampai 24 jam. Selain itu perlombaan crosscontry ada yang dilakukan bertahap seperti marathon dan dilakukan selama berhari-hari dengan jalur lintasan berbasis checkpoint atau perputaran.

Berbeda dengan downhill yang lebih mengutamakan time trial atau kejar waktu dimana setiap peserta harus sampai ke garis finish dengan cepat, pada crosscountry lebih menganut istilah mass start dan interval start yaitu dimana para peserta dikelompokkan, biasanya berdasarkan usia dan kemampuan.

Beberapa peraturan yang digunakan dalam cabang olahraga sepeda ini adalah:

  • Cross Country Eliminator atau XCE
  • Cross Country Olympic atau XCO
  • Cross Country Marathon atau XCM

Perlombaan atau kegiatan sepeda cross country ride diresmikan dan diatur oleh Union Cycliste Internationale yang berada di Amerika Serikat dengan pengawasan dari USACMTB yaitu divisi dari USA Cycliste. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan seputar perlombaan sepeda khususnya cross country.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *