Frame Sepeda Gunung Terbaik

Frame Sepeda Gunung Terbaik—ada sebuah komponen sepeda yang mempunyai poin penting dalam sebuah sepeda gunung. Komponen ini mempunyai bentuk yang paling besar dari komponen-komponen lainnya. ya komponen itu adalah frame sepeda atau kalau di indonesia  lebih dikenal dengan nama rangka.

Sebuah frame sepeda ini menjadi bagian utama dalam menghubungkan semua komponen lainnya. biasanya terbuat dari bahan alumunium dengan kualitas terbaik. Untuk yang level lebih tinggi lagi, sebuah frame sepeda akan terbuat dari bahan serat karbon yang kuat dan sangat ringan. Sebuah frame sepeda berbeda-beda bentuk dan konsepnya tergantung dari jenis sepedanya. Frame sepeda Sepeda BMx tentu tidaklah sama dengan frame sepeda jenis sepeda gunung. Begitu juga frame sepeda onthel tentu tidaklah sama dengan frame sepeda fixie.

Tahukah anda kalau dalam sebuah sepeda gunung terdapat kurang lebih 30 macam jenis komponen? Apa sajakah komponen-komponen yang digunkana tersebut? Berikut beberapa nama komponen-komponen pembentuk sepeda gunung itu.

  • Handle Bar

Handle Bar ini kalau di Indonesia namanya Setang Sepeda. Memliki peranan penting dalam mengatur laju arah sepeda. sebuah setang sepeda yang baik dapat memberikan grip kendali yang nyaman biar pun membentur berbagai rintangan di lintasan.

  • Saddle

Ini merupakan tempat duduk bagi pesepeda.

  • Seat Post

Ini adalah batang besi penahan sadel. Seat post ini biasanya dapat dinaikkan dan diturunkan.

  • Clamp Set

Clamp Set ini adalah penahan seat post. Atau gampangnya penjepit tiang penyangga bangku sepeda atau sadel. Dimana seat post ini dapat dinaikan diturunkan diatur sesuai dengan kebutuhan, nah clamp set inilah yang menahannya atau menguncinya. Umumnya terbuat dari tuas agar memudahkan dalam pembukaan. Namun ada juga yang dibuat permanen dengan baut.

  • Headset dan Stem

Ini bukan headset untuk dengerin musik itu loh ya. Ini adalah headset yang terdapat di bagian stang sepeda. yang menguhubungkan setang denfan garpu hinga sampai ke rangka atau frame sepeda. sedangkan stem adalah penghubung tiang fork atau garpu depan dengan setang sepeda yang dijepit dengan headset ini. Stem ini mempunyai fungsi untuk menahan garpu depan sepeda agar tetap mengunci ke frame sepeda.

  • Rigid Fork

Yaitu garpu depan yang tidak menggunakan pegas

  • Suspension Fork

Garpu ini menggunakan pegas. Biasanya dalam sebuah sepeda gunung khususnya kelas downhill, dibagi menjadi dua bagian, yaitu front suspension dan rear suspension shock.

  • Crank

Merupkana gigi depan yang terhubung ke pedal. Biasanya terbagi ke dalam single, double dan triple ring.

  • Sprocket

Sprocket atau Cassette ini merupakan gigi bagian belakang. Terdiri dari 7-11 speed atau ring gigi.

  • Tube

Ban luar dan ban dalam disebut dengan inner tube

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *