Frame Sepeda Bahan Carbon Fiber, Titanium dan Alumunium

Jika Anda sedang merencanakan membeli sepeda baru ada beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum memutuskan. Salah satu poin yang harus dipertimbangkan adalah bahan frame sepeda.

Bahan frame atau rangka sepeda biasanya terbuat dari chromoly, steel, alloy, carbon dan titanium. Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya. Namun ada 4 hal yang berhubungan dengan bahan yaitu kekuatan, beratnya, keberlangsungan proses pada waktu diproduksi, kekakuannya, kepadatan dan ketahanan. Umumnya semakin ringan bahannya maka semakin baik dan semakin mahal. Namun, bukan berarti harga frame yang murah tidak berkualitas. Ada juga bahan yang murah namun kualitasnya bagus.

Oleh sebab itu agar tidak salah pilih sebaiknya ketahui karakteristik frame sepeda. Berikut ini kita akan membahas tiga bahan saja, yaitu: carbon fiber, titanium dan alumunium.

Baca juga: Ragam Pilihan Frame Sepeda

Bahan Carbon Fiber

Rangka sepeda yang terbuat dari carbon fiber biasanya digunakan pada frame sepeda jenis road bike dan mountain bike. Kelebihannya adalah beratnya sangat ringan, mudah dibentuk dan aerogonomis. Kepadatan bahan logam, lebih padat dibandingkan dengan bahan carbon fiber, itu sebabnya bahan carbon fiber lebih mampu meminimalisir getaran dan ringan.

Carbn fiber dapat dibuat dengan berbagai variasi desain sehingga lebih memudahkan Anda memilih frame yang sesuai dan nyaman. Selain itu bahan ini tahan terhadap korosi karat, tidak heran sepeda yang framenya terbuat dari bahan ini harganya lumayan mahal. Namun seperti bahan lainnya, carbon fiber juga memiliki kekurangan yaitu mudah patah dan retak.

Bahan Titanium

Rangka sepeda yang terbuat dari titanium sudah dibuat sejak tahun 90-an. Bahan titanium bisa dibilang bahan yang terbaik dibandingkan dengan bahan lainnya. Bahan ini lebih ringan dari besi dan alumunium. Selain itu lebih kuat dari carbon fiber.

Titanium merupakan bahan yang langka di dunia dan proses pembuatan framenya lebih sulit. Itu sebabnya sepeda yang rangkanya menggunakan bahan ini dibandrol cukup mahal. Namun, harganya sebanding dengan kualitas dan lebih nyaman saat digunakan. Ciri-ciri bahan titanium adalah warnanya abu-abu dan berminyak. Dibandingkan dengan bahan yang terbuat dari alumunium, bahan titanium lebih mengkilap.

Bahan Alloy Atau Alumunium

Bahan rangka sepeda yang paling banyak digunakan adalah alumunium atau alloy. Sepeda yang framenya terbuat dari bahan ini memiliki performa yang baik, bobotnya ringan dan harganya lebih terjangkau. Selain digunakan untuk membuat rangka sepeda, alumunium digunakan pula untuk membuat bagian-bagian sepeda seperti: handlebar, crank dan stem.

Rangka sepeda yang berbahan alumunium lebih kaku dibandingkan dengan frame yang terbuat dari besi. Karena sifat kakunya ini membuat pengendara lebih mudah mengendalikan. Namun bahan alumunium juga memiliki kekurangan yaitu kurang mampu menahan getaran. Ciri-ciri frame sepeda yang menggunakan bahan alumunium adalah bagian las pada sambungan tube-nya tidak halus dan sangat tebal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *