Seputar Penjelasan Gear Sepeda

Gear sepeda adalah sebutan lain untuk roda gigi pada sepeda. Komponen ini bekerja pada suatu mesin yang fungsinya untuk mentrasmisikan daya. Bentuk gear bentuknya bergerigi bisa diputar dan biasanya terhubung dengan gear lain yang fungsinya untuk mengirimkan torsi.

Terdapat dua buah atau lebih gear sepeda. Masing-masing bekerja sama untuk menghasilkan tenaga mekanis melalui putaran. Dengan begitu bisa kita simpulkan bahwa gear adalah sebuah mesin yang memiliki beberapa bagian.

Roda gigi pada sepeda atau gear memiliki bermacam-macam tingkatan, ada yang 21 speed, 22 speed bahkan sampai 27 speed. Tingkatan kecepatan tersebut berasal atau tergantung jumlah gigi depan atau pedal dikalikan dengan jumlah gigi belakang. Jumlah gigi belakang sepeda ada yang jumlahnya 7, 8 atau 9. Jadi sebelumnya kenali terlebih dulu gigi depan atau gigi yang terdapat di bagian pedal dayung sepeda.

Untuk lebih jelasnya berikut ini kita akan mengulas sedikit mengenai masing-masing tingkatan :

Gigi depan posisi 1

Posisi gigi ini adalah posisi dimana rantai berada di gigi yang paling kecil. Fungsi posisi ini adalah untuk melalui jalan menanjak atau pada waktu pengguna membawa beban yang lumayan berat. Gigi ini membantu pengendara melewati jalan yang mennjak tanpa harus turun dan mendorong sepeda.

Gigi depan posisi 2

Posisi gigi ini adalah posisi rantai berada di posisi gigi tengah. Gunanya posisi ini adalah pada waktu mengendarai sepeda dengan santai. Cocok untuk Anda yang suka mengendarai sepeda santai atau untuk jalan-jalan dengan kayuh yang tidak terlalu kuat.

Posisi gigi depan 3

Posisi gigi ini adalah posisi rantai berada di gigi depan yang ukurannya paling besar. Posisi ini menghasilkan dayungan yang lebih berat jika digunakan saat mengebut. Biasanya orang yang mengerti sepeda akan menggunakan gigi ini saat berada di jalanan menurun, hal ini membantu untuk meringankan beban pada waktu mendayung/ memboseh. Apabila kecepatannya 22 atau 27 dan gigi dipadukan dengan gigi belakang bisa membuat sepeda melaju dengan kecepatan sampai 60 kilometer/ jam.

Cara memindahkan gigi bagian depan adalah dari gigi 1 – 3, lalu dayung dengan cepat tapi tidak perlu terlalu bertenaga, lalu tekan atau putar pengatur gigi dengan kuat dan cepat ke posisi 2 atau 2. Jika tidak cepat dan kuat bisa mengakibatkan rantai bergesekan dengan gigi. Dan untuk menurunkan gigi kecil bisa langsung diadjust tanpa mengurangi dayungan.

Selain mengetahui posisi gigi, penting juga mengetahui posisi gigi sepeda yang salah misalnya posisi yang terletak pada rantai belaang dan depan tidak sejajar menyebabkan rantai akan terkikis dan merusak gigi dan gear sepeda. Jadi pastikan posisi gigi sepeda sudah benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *