Ikuti Tips Membeli Sepeda Bekas Berikut Ini Agar Tidak Tertipu

Diantara kita ada yang mempertimbangkan membeli sepeda baru atau sepeda bekas atau second. Umumnya orang memilih membeli sepeda second karena harganya yang lebih murah dibandingkan dengan sepeda yang kondisinya masih baru.

Tentu saja membeli sepeda second perlu pertimbangan matang karena dikhawatirkan kondisi sepeda malah tidak bagus atau tidak bisa digunakan. Jika demikian, tentu akan menyesal kemudian. Poin penting yang harus dipertimbangkan jika Anda memutuskan membeli sepeda second adalah mengetahui komponen sepeda.

Baca juga: Tips Membeli Sepeda Bekas yang Bagus

Apabila Anda tidak memahami soal sepeda, sebaiknya ajak kawan atau  saudara yang sudah paham betul tentang komponen sepeda. Selain itu disarankan untuk memeriksa kondisi sepeda dengan teliti dan seksama. Nah berikut ini kami akan memberikan tips yang harus Anda ketahui jika akan membeli sepeda bekas yang berkualitas dan terhindar dari penipuan.

Periksa Kondisi Sepeda

Periksalah kondisi sepeda secara keseluruhan, mulai dari catnya. memeriksa kondisi catnya bisa mengetahui atau mengira-ngira sudah berapa lama sepeda tersebut digunakan.

Mencari Informasi Seputar Sepeda

Jika Anda tidak mengetahui tentang sepeda, sebaiknya jangan pergi tanpa berbekal informasi apapun. Carilah informasi seputar sepeda yang akan Anda beli dengan mencarinya di internet atau berdiskusi dengan teman yang paham seputar sepeda.

Mencobanya Sendiri

Naikkan sepeda untuk mengujinya secara langsung, apakah Anda merasa nyaman saat menaikinya atau malah sebaliknya. Coba mainkan bagian shifter gear atau menggeser gigi dan memeriksa kualitas deraileurs. Apakah semuanya masih berfungsi dengan baik atau tidak. Coba test semua variasi gear apakah ada yang loncat pada waktu Anda memindahkan gear atau apakah rantai sepeda memiliki time lag pada waktu Anda melakukan shifting.

Periksa Kondisi Fisiknya

Periksa kondisi fisiknya, mulai dari kerangkanya. Apakah kondisinya sudah atau ada yang berkarat. Untuk mengetahui kondisi hub caranya bisa dengan membalikkan sepeda. Apakah terjadi pergerakan yang tidak perlu atau oblang. Jika terjadi, maka menandakan bahwa sudah terjadi aus atau using dan perlu diganti.

Putar roda untuk mendengar apakah ada suara atu tidak. Lihat bagian rim dan bantalan pada remnya apakah bertabrakan atau tidak. Jika bertabrakan maka artinya rim sudah rusak atau sudah tidak presisi lagi.  Periksa juga kondisi bottom braketnya apakan masih bisa memutar bebas.

Itulah beberapa tips yang harus Anda perhatikan jika akan membeli sepeda bekas. Untuk mendapatkan harga yang murah sebaiknya beli langsung ke penjual. Sedangkan jika membeli online pastikan penjual memberikan keterangan lengkap seputar kondisi sepeda yang akan dijual. Selain itu, mintalah jaminan atau semacam garansi jika ada kondisi yang tidak diinginkan. Misalnya: mengenai keaslian bagian sepeda yang ternyata tidak sesuai dsb.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *