Ukuran Sepeda Anak Berdasarkan Usia

Sepeda anak tentu berbeda ukurannya dengan sepeda yang digunakan oleh orang dewasa. Oleh sebab itu sebelum membeli sepeda untuk buah hati Anda sebaiknya kenali terlebih dulu jenis-jenis sepeda yang didesain khusus untuk anak-anak, agar mendapatkan sepeda yang sesuai dengan kebutuhan.

Sepeda untuk anak tersedia beberapa jenis ukuran, umumnya : 10, 12, 16, 18 dan 20 inchi. Ukuran sepeda anak tersebut diambil berdasarkan velg yang digunakan. Namun patokannya tetap mempertimbangan tinggi badan anak yang akan menggunakan sepeda tersebut.

Di pasaran sudah banyak jenis dan merk sepeda untuk anak yang bisa Anda pilih. Masalah harganya bervariasi, Anda bisa memilih sesuai dengan budget. Nah, berikut ini kami akan memberikan informasi seputar jenis dan ukuran sepeda khusus anak-anak berdasarkan usia.

Baca juga: Tipe Sepeda Anak

Anak Umur 1-2 Tahun

Anak usia 1-2 tahun bisa menggunakan sepeda roda tiga ukuran 10 inchi. Roda belakangnya berjumlah 2 dan roda depannya 1 buah.

Anak Umur 2-4 Tahun

Anak usia 2-4 tahun bisa menggunakan sepeda yang ukurannya 12 inchi. Biasanya model sepedanya memiliki 2 buah roda bantu di bagian belakang sisi kanan dan kiri.

Anak Umur 4-7 Tahun

Anak yang usianya 4-7 tahun bisa menggunakan sepeda yang tidak terlalu jauh berbeda dengan sepeda untuk usia 2-4 tahun. Perbedaannya adalah ukurannya lebih besar yaitu 16 inchi dengan frame yang lebih panjang. Desain frame tersebut dibuat agar lutut anak tidak berbenturan dengan stang.

Anak Umur 7-10 Tahun

Anak usia 7-10 tahun bisa menggunakan sepeda yang ukurannya 18-20 inchi. Ukuran sepeda ini lebih panjang, sehingga anak akan lebih leluasa saat menggunakannya.

Anak Usia 12 Tahun Ke Atas

Anak yang usianya 12 tahun ke atas bisa menggunakan sepeda yang ukurannya 24 inchi atau sama dengan sepeda yang ukurannya 60cm.

Ukuran sepeda yang sudah disebutkan tersebut merupakan ukuran yang dibuat berdasarkan panjangnya jari-jari pada pelek sepeda. Jika Anda bingung, solusinya tinggal sebutkan ukuran yang sesuai dengan umur usia buah hati Anda saat membeli sepeda. Petugas biaanya akan mengerti mengenai ukuran sepeda, karena ukuran sepeda anak merupakan ukuran umum yang ditetapkan oleh produsen.

Selain ukurannya, pertimbangkan juga bentuk rangka sepeda. Pastikan rangkanya kuat, mampu menahan bobot anak. Pastikan juga kakinya dapat menyentuh tanah saat menggunakannya sehingga ia dapat melakukan persiapan dengan benar pada waktu akan mengendarainya. Bagian sadelnya bisa disesuaikan tingginya dengan tinggi badan anak Anda.

Pilihlah sepeda anak yang modelnya simple agar pergerakan anak tidak terganggu. Ada baiknya damping buah hati Anda saat belajar mengendarai sepeda. Jika anak belum mahir bisa gunkana roda pembantu yang disimpan di sisi kanan dan kiri pada roda belakang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *