Sepeda MTB Terbaru Dengan Mengupgrade-nya Menjadi Lebih Keren Dan Cepat

Sepeda gunung atau MTB menjadi salah satu jenis sepeda yang popular di kalangan masyarakat. Sepeda ini terbagi menjadi beberapa jenis, dimana masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Tidak sedikit penggemar sepeda ini memodifikasi menjadi sepeda MTB terbaru yang memiliki kecepatan lebih.

Memodifikasi sepeda dengan mengupgatenya adalah mengganti beberapa komponen agar lebih meningkat. Berbeda dengan kebalikannya downgrade yang artinya menurunkan. Mengupgare sepeda contohnya dari 7 speed menjadi 9 speed dsb. Intinya mengupgrade sepeda MTB terbaru menjadi lebih tinggi. Kecepatan atau speed sepeda merupakan bagian yang sering disebut dengan groupset.

Nah berikut ini beberapa komponen yang harus diganti jika sepeda MTB Anda diupgarde.

  • Freehub yaitu komponen as roda belakang. Alternatif yang digunakan bisa yang merknya Shimano non series. Freehub dari Shimano harganya lumayan terjangkau.
  • Cassete Sprocket atau gear sprocket adalah komponen gear bagian belakang yang menempel pada komponen freehub.
  • Real Derailleur atau RD adalah komponen yang fungsinya untuk memindahkan gigi bagian belakang.
  • Shifter adalah komponen tuas pemindah gigi yang menempel pada bagian stang sepeda.
  • Rantai atau chain
  • Brake level

Jika ingin menekan buget biaya upgrade sepeda bisa upgrade komponen fork, steam dan stangnya. Fork adalah bagian sepeda yang menghubungkan antara roda depan dengan stang atau handlebar.

Travel Fork

Ada beragam ukuran tinggi travel dari berbagai merek. Setiap ukuran memiliki fungsi dan kebutuhan yang berbeda-beda. Perlu Anda ketahui tinggi rendahnya fork akan mempengaruhi: tinggi rendahnya stang, kenyamanan, kestabilan dan kecepatan. Jadi bisa disimpulkan bahwa jika stang smakin tinggi makan semakin nyaman dan stabil. Namun kecepatannya menjadi berkurang. Begitu pula dengan kebalikannya, jika stangnya semakin rendah/ pendek membuat sepeda kurang stabil, tapi kecepatannya lebih meningkat atau bertambah.

Berikut ini beberapa ukuran travel fork beserta fungsinya:

  • Untuk kategori cross country (XC), ukurannya 80mm, 100mm
  • Untuk kategori sepeda trail atau all mountain, ukurannya 120mm, 130mm,140mm dan 150mm.
  • Untuk kategori all mountain, ukurannya 160mm – 170mm.
  • Untuk kategori downhill atau freeride, ukurannya 170mm.

Steam

Steam adalah komponen yang menghubungkang stang dengan fork. Setiap jenis sepeda MTB menggunakan steam yang berbeda-beda disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhannya.

Stang (Handlebar)

Stang adalah komponen yang fungsinya untuk mengendalikan roda bagian depan agar tidak bengkok. Stang terbagi menjdi dua jenis yaitu: stang lurus dan stang melengkung. Kedua jenis stang tersebut dipilih sesuai dengan penggunan sepeda itu sendiri.

Demikian ulasan singkat mengenai upgrade sepeda MTB. Hasilnya sepeda MTB terbaru hasil modifikasi Anda performanya menjadi lebih prima dengan kecepatan yang tinggi. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *