Tips Membeli Sepeda Listrik Yang Tepat

Sepeda listrik menjadi salah satu transportasi yang ramah lingkungan dan praktis digunakan.Kebanyakan sepeda ini digunakan oleh penduduk di kota-kota besar. Menggunakan sepeda ini sangat menggoda sensasinya.

Sepeda ini memberikan dua pilihan yaitu, menggunakan tenaga dynamo dan dikayuh layaknya seperti sepeda pada umumnya. Karena menggunakan tenaga listrik, bagian yang penting yang harus diperhatikan adalah baterainya. Berikut ini kami akan memberikan tips yang berhubungan dengan baterai saat membeli sepeda dynamo atau listrik.. Yuk, langsung simak ulasan tipsnya berikut ini.

Perhatikan Kualitas Baterainya

Seiring pemakaian baterai yang terdapat pada sepeda ini lambat laun akan menurun. Jadi pastikan baterai yang digunakannya berkualitas.

Siklus Pengisian Baterai

Selain tergantung lamanya pemakaian, faktor seringnya melakukan pengisian baterai juga mempengaruhi kemampuan dan kinerja baterai tersebut. Semakin sering baterai digunakan dan diisi dalam posisi separuh habus dan masuk dalam satu sikus. Artinya semakin sering baterai digunakan maka kemampuannya akanmenurun.

Jenis Baterai

Jenis baterai juga mempengaruhi kualitas baterai dan sepeda itu sendiri. Sekarang ini ada banyak jenis baterai yang tersedia di pasaran. Salah satunya adalah jenis Nickel Metal Hydride (NIMH). Baterai ini memiliki keunggulan atau kelebihan yaitu sifatnya yang rechargeable. Selain itu kelebihannya, baterai ini dijual dengan harga yang lumayan murah. Namun sayangnya baterai ini juga memiliki kekurangan seperti baterai lainnya yaitu tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama/ panjang.

Selain NIMH, ada juga baterai jenis Lithium Ion (Li ION), Lithium Iron Phosphate (LifePO4), Lithium Polymer (LIPO), Lithium Titanate (Li2TiO3). Kelebihan baterai jenis Lithium adalah lebih tahan lama, proses pengisiannya lebih cepat dan ringan.

Besarnya Kapasitas Dan Kekuatan Baterai

Untuk mengetahui daya tahan penggunaan dan kekuatan baterai sepeda bisa dilihat dari bentuk baterai. Semakin besar bentuk baterainya maka kapasitasnya juga lebih besar. Artinya dapat digunakan lebih lama untuk berkendaraan. Namun karena ukurannya besar, maka bobotnya lebih berat dan proses pengisiannya lebih lama dibandingkan dengan yang ukurannya kecil.

Apabila sepeda listrik digunakan untuk jarak yang dekat bisa gunakan sepeda yang menggunakan baterai sedang. Sedangkan jika kebutuhannya untuk jarak jauh bisa mempertimbangkan menggunakan baterai yang agak besar.

Ada beberapa jenis sepeda yang menggunakan double baterai. Tujuannya adalah untuk menambah jarak tempuh.Walaupun sepertinya bisa mengatasi kebutuhan baterai namun pertibangkan karena mengisi dua buah baterai akan sangat merepotkan.

Dari pembahasan tersebut kita dapat menarik kesimpulan, memilih sepeda listrik yang tepat adalah dengan mempertimbangkan beberapa poin pemilihan baterai yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Pemilihan sepeda yang tepat sangat penting, karena selain digunakan sebagai sarana transportasi, sepeda bisa untuk olahraga yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *