Tips Memilih Sepeda Gunung Sesuai Kebutuhan

Sepeda merupakan salah satu jenis transportasi yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Sepeda juga menjadi salah satu jenis olahraga yang banyak dipilih orang untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Dari sekian banyak jenis sepeda, yang paling digemari adalah sepeda gunung atau Mountain Bike (MTB).

Sepeda gunung terbagi menjadi beberapa jenis dengan ciri-ciri dan fungsi yang berbeda. Solusi yang tepat memilih sepeda gunung adalah yang sesuai dengan kebutuhan yaitu mempertimbangkan jalur atau medan jalan yang akan dilalui. Karena setiap jenis sepeda memiliki tipe dengan fungsi yang berbeda. Untuk lebih jelasnya berikut ini kami akan membagikan informasi seputar jenis-jenis sepeda gunung dan tips memilih sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Sepeda Gunung Terbaik

Sepeda Jenis All Mountain

Jenis sepeda All Mountain ini lebih mengutamakan segi kenyamanan saat digunakan. Sepeda ini dilengkapi dengan suspense depan dan belakang atau full suspension sehingga mampu melewati beragam jalan yang berbatu, turun bukit dll.

Sepeda Jenis Downhill

Seperti namanya sepeda ini merupakan jenis sepeda yang cocok digunakan untuk jalanan yang berbukit. Jadi kurang nyaman jika digunakan di jalan-jalan di kota. Bagian roda dan bannya cukup besar sehingga membuat kayuhan terasa berat dan membuat kaki lebih cepat lelah. Sepeda ini dibuat ringan agar tidak terlalu berat saat dikendarai, cocok digunakan untuk balapan turun, karena dirancang untuk menuruni bukut. Sedangkan untuk jalanan yang menanjak agak sulit digunakan.

Sepeda Jenis Freeride

Sepeda ini dibuat untuk bisa melakukan lompatan tinggi di kondisi yang extreme, namun kurang cocok digunakan untuk bersepeda jarak jauh. Sepeda ini biasanya merupakan modifikasi dari sepeda untuk menuruni bukit atau jenis downhill. Dirancang agar lebih mudah dikayuh dengan fitur suspense dan bahan yang lebih ringan.

Sepeda Jenis Cross Country

Sepeda yang disebut juga XC ini cocok digunakan untuk digunakan jarak jauh. Dilengkapi suspense bagian depan saja. Cocok digunakan untuk berpetualangan di medan cross country. bisa melaju cepat di jalan menanjak maupun menurun. Penambahan suspense bagian belakang tidak terlalu penting karena medan yang dilewati relatif rata, menambah berat dan bisa menghambat kayuhan akibat suspense bagian belakang.

Sepeda Jenis Dirt Jump

Sepeda ini memiliki fungsi yang mirip seperti BMX. Frame yang digunakan memberikan kesan lebih kokoh dan kekar namun terlihat stylish. Dirancang untuk melakukan lompatan tinggi.

Sepeda Jenis Trail

Sepeda gunung ini merupakan modifikasi dari crosss contry yang menggunakan sistem suspense yang halus sehingga saat dikayuh di kondisi rintangan yang sulit dan ekstrim. Namun, kekurangannya mengayuh sepeda ini adalah membutuhkan tenaga yang banyak. Namun jangan khawatir karena sekarang sudah ada sepeda jenis trail yang menggunakan suspense depan dengan belakang yang menggunakan teknologi yang lebih modern, bisa dimatikan pada waktu tidak dibutuhkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *