Kelebihan Dan Tips Memilih Sepeda Road Bike

Menggunakan sepeda road biking atau sepeda balap tidak sekedar untuk kompetisi, namun bisa dijadikan sepeda untuk aktivitas olahraga. Kelebihan sepeda ini adalah dari segi ketangkasan, kecepatan dan lebih efisiensi. Bagi Anda yang masih pemula biasanya akan menemukan beberapa hal yang baru mengenai elemen-elemennya yang detail.

Dalam artikel ini kami akan memberikan informasi agak mendalam mengenai sepeda road bike dengan harapan dapat memberikan pengetahuan seputar sepeda, khususnya bagi Anda yang akan membeli sepeda balap agar bisa memilih yang terbaik sesuai kebutuhan.

Perbedaan Sepeda Balap Dengan Sepeda Jenis Lainnya

Sebelum Anda membeli sepeda, sebaiknya ketahui terlebih dulu apa yang membedakan sepeda balap dengan sepeda jenis lainnya. Sepeda balap memiliki rangka,ban atau komponen lain yang bobotnya ringan dibandingkan jenis sepeda lainnya.

Bahannya yang ringan membuat akselerasinya lebih cepat an efisien. Sepeda ini juga memiliki stang yang melengkung ke bawah. Walaupun ada juga yang memiliki bentuk stang lurus seperti sepeda gunung. Perbedaan lainnya adalah komponen ban dan rantainya yang lebih tipis dibandingkan dengan tipe sepeda yang lain. Sepeda balap tidak memiliki suspense belakang maupun depan.

Sepeda balap cocok digunakan oleh pria maupun wanita dan condong untuk para penggemar aktivitas fisik, pembalap musiman atau pembalap profesional. Desainnya dibuat untuk digunakan pada permukaan jalan yang beraspal, jadi kurang cocok jika digunakan di medan pegunungan. Umumnya road bike tidak memiliki boncengan. Menggunakan sepeda ini bisa menjangkau jalanan lebih jauh dengan waktu yang lebih cepat.

Tips Memilih Sepeda Balap Yang Tepat

Road Bike menjadi salah satu sepeda yang digandrungi oleh para biker, bahkan sekarang sudah banyak komunitas sepeda balap yang mewadahi penggemar sepeda ini. Nah, jika Anda bingung memilih road bike yang tepat, ikuti saja tips berikut ini:

  • Pastikan Tipe Sepeda

Sebelum membeli pastikan terlebih dulu tipe sepeda apa yang Anda inginkan. Untuk mendapatkan pilihan yang tepas pastikan dulu tujuannya menggunakan sepeda untuk apa. Apakah digunakan untuk lomba atau hanya untuk hobi belaka. Apabila Anda sudah mahir menggunakan sepeda bisa gunakan road bike, namun jika hanya untuk hobi saja bisa beli sportive bile.

  • Perhatikan Bahannya, Mulai dari Rangka Hingga Fork

Dua komponen penting yang harus diperhatikan adalah bagian rangka dan fork. Umumnya sepeda ini menggunakan bahan yang terbuat dari logam, tapi jika Anda memiliki dana lebih bisa pilih yang menggunakan bahan karbon.

  • Groupset

Komponen ini fungsinya sangat vital yaitu untuk pengereman dan persneling. Produsen terkenal yang menyediakan groupset adalah Sram, Champagnolo dan Shimano. Masing-masing memiliki karakteristik, ukuran, performa dan harga yang berbeda.

Selain poin-poin tersebut, saat memilih sepeda road bike penting memperhatikan hal lainnya, seperti: ukuran, rangka tradisional, rangka compact, semi compact dan menyesuaikan dengan budget yang Anda sediakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *