Mengenal Dua Macam Gear Sepeda

Gear Sepeda—dalam dunia sepeda, sejauh ini gear sepeda ini terbagi menjadi dua. Yaitu sepeda yang menggunakan single gear dan sepeda yang menggunakan rotation gear. Seperti apakah keduanya itu? Mari kita simak sejenak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Ragam Pilihan Aksesoris Sepeda

  • Single Gear

Single gear ini adalah sepeda-sepeda yang menggunakan satu buah gear di bagian depan serta  belakangnya. Jadi haya ada satu bentuk gear saja di bagian depan dan belakang tersebut. Sepeda-sepeda yang biasanya masuk dalam kategori single gear ini adalah: sepeda Fixie, Sepeda bmx dan ada juga sepeda jengki atau sepeda khusus yang bentuknya unik biasanya ditemukan di beberapa tempat di jawa tengah dan jawa timur. Sepeda-sepeda ini hanya memiliki satu buah gear depan dan belakangnya. Tidak ada rotasi gear di sana. Maka dari itu, dinamakan single gear. Biasanya yang paling banyak dijumpai dan menjadi viral adalah sepeda fixie. Pemberian nama sepeda fixie bukanlah kebetuan yang disengaja. Karena memang telah dismpulkan nama fixie diambil dari penggunaan gear fix yang digunakan pada sepeda tersebut.  Hal ini sebeanrnya mengacu pada lensa fix pada dunia fotografi. Dimana lensa fix ini sebutan untuk lensa yang dipakai oleh standarnya dari kamera tersebut. Single gear memang mempunyai bebrapa keuntungan, yaitu tidak adanya keriwehan dalam mengatur kinerja operator perpindhan gigi. And a akan ditekan secara logis, kalau sepeda tersebut bergear single. Jadi buang jauh-jauh tentang perpindahan gear ke bagian yang meringankan ketika lintasan menanjak dan sebaliknya.

  • Rotation Gear

Ini merupakan pengembangan modern dari single gear. Gear sepeda yang dulunya satu di bagian depan dan belakang sepeda, kini bisa menjadi banyak dalam satu kesatuan gear. Gear rotation ini terdapat di bagian depan dan belakang. Gear di bagian belakang mempunyai 6 tingkat dimana semakin tinggi tingkatan anda, maka sepeda akan jauh lebih ringan. Sedangkan di  bagian depan, terdapat 3 tingkat gear. Dimana ketika anda mengoper ke gear yang paling atas , maka laju kayuhan anda akan semakin berbobot.  Gear rotation ini memang sangat berguna ketika sepeda anda lintasanyya menanjak. Maka anda dapat dengan mudah mengopernya ke gigi tinggi. Begiu pula dengan lintasan jarak yang menurun, anda dapat mengopernya kembali ke posisi semula sesuai dengan permintaan anda. Mungkin bagi sebagain orang penggunaan rotation gear ini sangatlah merepotkan. Karena untuk mengatur dimanakah rantai akan hinggap di gear, andalah yang menentukan. Maka dari itu diperlukan operator oper gigi yang handal. Biasanya brand Shimano lah yang mengisi celah tersebut. Menggunakan rotation gear ini memang sangat menguntungkan. Jika jalanan anda menanjak ataupun menurun anda dapat dengan mudah menyesuaikannya dengan gear anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *