Ragam Pilihan Frame Sepeda

Ragam Pilihan Frame Sepeda—ada banyak sekal jenis sepeda di dunia ini . dilihat dari perkembangan bentuknya, sepeda dibedakan menjadi beberapa kategori. Yaitu sepeda sport yang meliputi seperti sepeda gunung dan sepeda bmx serta sepeda road bike.  Ada juga sepeda trendi semacam sepeda fixie, dan sepeda low rider. Selain itu ada juga sepeda jenis klasik semacam sepeda ontel dan kategori lainnya adalah sepeda anak. Semuanya mempunyai frame atau rangka yang berbeda-beda tiap jenisnya. Kita akan membahasnya satu persatu di sini. Kita mulai saja dari frame sepeda gunung.

Baca juga: Cara Memilih Frame Sepeda

  • Frame sepeda gunung

Frame sepeda gunung mempunyai bentuk rangka yang besar dengan sisi-sisi setiap sudutnya yang kokoh dan kuat. Bahan yang kebanyakn terbuat dari material alumunium. Sehingga dapat meringankan beban beratnya. Rangka frame sepeda gunung ini cenderung mempunyai tingkat kekuatan yang hebat. Dan daya tahan yang luar biasa. Karena memang khusus dibuat untuk turun gunug dengan kecepatan tinggi dan melintasi berbagai medan dengan cepat dan lincah. Maka dari itu rangka sepeda ini dibekali dengan penambahan suspensi yang dapat dengan cepat meredam getaran dengan sangat halus. Dnegan begitu sepeda dapat melaju dengan stabil dna kontrol grip lebih baik. Selain itu juga sepeda jenis downhill ini mempunai double caram untuk pengereman yang cepat dan tangkas. Karena sepeda ini akan melewati banyak rintangan berupa jurang, pepohohan dalam kecepatan tinggi, maka peran rem sangatlah vital. Pada merk atau brand sepeeda tertentu ada jenis frame yang menggunakan material serat karbon. Yang dapat emmeberikan bobot yang jauh lebih ringan dari frame alloy. Namun dengan tingkat kekuatan yang jauh lebih kuat dari baja sekalipun. Tapi memang harganya jauh lebih mahal dari frame berbahan alloy.

  • Frame Sepeda BMX

Frame sepeda bmx ini mempunai ciri khas yang kokoh dan dengan sumbu penarikan yang pendek. Sehingga memungkinkan sepeda ini beratraksi dengan lincah. Sepeda bmx ini biasanya terbagi dalam 3 kategori. Yaitu kategori sepeda bmx dirt untuk balapan ala motor croos gitu, juga ada sepeda bmx jenis street yang paling banyak digunakan oleh rider-rider dan pecinta bmx dunia. Serta terakhir adalah bmx flatland, yang banyak digunakna anak muda untuk bermain trik-trik ajaib di permukaan flat. Hampir sebagian besar frame sepeda bmx ini sama di semua kategori.

  • Frame Sepeda Fixie

Frame sepeda fixie ini dilengkapi dengan sistem tube yang tidak diagonal. Top tubenya atau tube bagian atasnya kebanyakan berbentuk horisontal. Dengan ukuran pipa-pia yang ramping dan cenderung mempunyai tingkat keringanan standar. Frame-frame sepeda fixie ini mempunyai beragam pilihan warna.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *