Kiat Perawatan Sepeda Ontel

Kiat Perawatan Sepeda Ontelsepeda ontel merupakan salah satu jenis dari beragam sepeda klasik. Sepeda gaya lama ini memang semakin diterjang zaman dengan kehadiran sepeda-sepeda modern dengan desain desain yang menawan. Namun pesona dari sepeda ontel ini memang tak terbantahkan. Sepeda ontel memang identik dengan orang-orang tua yang menyukai beragam barang antik lainnya. tak terkecuali sepeda ontel ini.

Ontel pada dasarnya berasal dari kosa kata bahasa jawa. Yang artinya kayuh. Di jawa sana, bentuk sepedanya cukup unik. Bentuknya tidak pasaran dan mempunyai frame yang panjang. Dengan setang yang melengkung di kedua sisinya membuat sepeda ini cukup unik. Sepeda ontel ini mempunyai frame yan cukup unik. Ada bagian bagian yang melengkung di beberapa sisi-sisinya. Seperti tob tubenya dan down tubenya. Bagian ini terkadang ada juga yang sejajar horisontal. Dengan bidang-bidang yang ramping yang memancarkan keanggunan dan kekuatan yang lemah lembut.

Baca Juga: Kiat Membeli Sepeda Bekas

Sepeda ontel kin telah menjadi bagian dari komunitas besar yang telah banyak berkembang hampir merata ke seantero negeri indonesia. Banyak komunitas yang didirikan di tiap kotanya. Dan hampir rata-rata memajang sepeda antiknya ini dengan beragam penambahan aksesoris. Seperti bel, bendera, hingga penambahan kotak surat atau tas pos ala-ala tukang pos zaman dulu yang mengantarkan surat. Komunitas-komunitas yang ada ini terkdang membuat pameran berjalan dengan loang road dari satu titik ke titik lainnya. dengan dijejali dengan kegiatan sosial dan juga ajang pamer dan berbagi tips serta kreatifitas.

Dari sana maka terlahirlah berbagai macam tips untuk mempertahankan sepeda ontel ini agar tetap awet dan enak dilihat. Ada apa sajakah tips atau kiat kiat tersebut? Berikut beberapa daftranya untuk anda. Bagi yang menyukai sepeda ontel ataupun yang hendak membelinya atau juga yang telah mempunyainya, bisa dicoba dan diperhatikan beberapa kiat-kiat perawatan sepeda ontel berikut ini.

  • Kebersihan

Nah ini yang utama. Jagala kebersihan sepeda ontel anda. Jangan smpai nunggu karatan baru dibersihkan. Mengingat sepeda ontel ini sepeda yang telah tua, maka jangan diabaikan perawatannya. Segera bersihkan jika ada noda yang menempel pada bodynya. Jangan membiarkanya terlalu lama bahkan hingga berkerak. Kalau sudah berkerak akan susah dibersihkan. Maka dari itu jika anda usai mengeluarkannya dari kandang, segeralah dibersihkan. Untuk menghindari hl-hal yang tidak diinginkan.

  • Perhatikan Komponen Sepeda dengan Rutin.

Setiap komponenn yang ada perlu diperhatikan. Seperti kondisi velg dan juga rodanya. Atau perlu juga dilhat kondisi sadelnya. Dan tak kalah ketinggalan adalah memberikan pelumas pada sambungan atau baut-baut yang ada, terutama juga pada rantai sepeda yang memerluan pelumasan yang rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *