Frame Sepeda MTB

Frame Sepeda MTB—frame sepeda MTB ini mempunyai desain khusus yang dapat membuat laju kinerjanya menjadi lebih baik dan cepat. Bentuknya cendrung besar dengan penggunaan suspensi yang dapat meredam guncangan. Dalam satu set sepeda MTB itu terdiri dari

  • Fork atau biasa disebut oleh orang awam adalah garpu

Jadi Fork itu adalah garpu untuk menghubungkan frame atau rangka dngan velg. Pada sepeda MTB, fork atau garpu ini biasanya dapat dilapisi dengan suspensi guna meredam benturan. Suspension ini terdapat peredam yang terletak di bagian depan dan belakang.

  • Velg dan Roda

Sepeda MTB dapat dilihat dari ukuran velg dan ukuran rodanya. Semakin lebar ukuran diameter roda, maka sepeda akan semakin cepat bisa melaju. Sepeda dengan ukuran roda yang besar akan cenderung stabil dalam melibas medan. Biasanya jenis roda dan velg yang berukuran besar dimiliki oleh sepeda-sepeda jenis downhill yang harus menuruni bukit dengan kecepatan tinggi. Dengan roda dan velg yang besar maka laju sepeda akan cenderung stabil.

  • Frame Sepeda

Frame sepeda atau rangka sepeda, merupakan komponen utama dalam pembentukan sebuha sepeda. dengan rangka ini bentuk awal atau desain awal dari sepeda akan terlihat. Frame sepeda ini mempunyai kualitas bahan yang baik. Dengan kebanyakan sepeda berframe alumunium sebagai bahan materialnya. Selain bahan dasar alumunium penggunaan material berbahan serat karbon juga digunakan. Seperti yang banyak telah diketahui, material serat karbon ini mempunyai tingkat kekuatan yang tinggi. Dengan porsi utama dalam bobot atau beban yang sangat ringan. Maka dari itu frame sepeda yang banyak menjuarai kompetisi adalah sepeda-sepeda dengan tipe frame yang menggunakan rangka bahan serat karbon fiber.

Baca juga: Harga Frame Sepeda Berbagai Merek, Jenis dan Type Terbaru

  • Setang

Setang sepeda ini memegang kendali penuh dalam urusan arah. Kontrol yang baik memang datang dari sini. Anda memang dibutuhkan  skill yang tinggi dalam memegang setang sepeda.  dimana pegangan ini sangat diperlukan dalam kecepatan tinggi. Terlbih jika anda mengikuti downhill dimana kontrol setang sangat diperlukan dalam melibas medan.

  • Pedal

Pedal juga memegang peranan penting dalam satu set sepeda. alam pedal ini, terdapat kaitan pada sepatu guna memberikan kontrol yang baik kala mengayuh.

Frame sepeda juga menjadi point penting dalam membeedakan jenis sepeda. rangka sepeda dengan tipe MTB cenderung mempunyai top tubenya berbentuk diagonal. Berbeda dengan sepeda jenis road bike dimana framenya cenderung mempunyai tingkat aerodnamika yang stabil sekalipun digeber dalam kecepatan tinggi. Untuk urusan fram yang terdapat pada sepeda-sepeda pada umumnya, top tubenya memang dibedakan pada bentuk horisontal atau sejajar lurus dan bentuk diagonal. Frma sepeda BMX cenderung lebiih kecil. Dimensinya juga lebih kecil dbandingkan dengan frame-frame sepeda lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *