Peranan Gear Sepeda

Peranan Gear Sepeda—komponen sepeda yang tidak kalah pentingnya dari fram atau rangka sepeda adalah kehadiran gear sepeda. gear sepeda ini mmebantu anda dalam memainkan peran pesepeda yang handal. Gear sepeda dapat mebantu anda dalam jalanan yang menurun ataupun menanjak. Gear sepeda ini biasanya untuk bagian belakang terdiri dari dari 6 gear yang daat diatur dengan baik. Sementara gear sepeda bagian depan biasanya terdiri dari 3 rangkap gear. Semua gear ini mempunyai fungsi sendiri-sendiri.

Baca juga: Mengenal Berbagai Macam Aksesoris Sepeda Sport

Untuk gear sepeda bagian depan, yang terdiri dari 3 rangkap gear, standarnya adalah berada di posisi gear paling bawah. Alais gear satu. Ketika kita menaiknnya satu rangkap alias rantai sepeda berada di gear line kedua, maka daya kayuh sepeda anda akan semakin berat. Jika anda naikkan lagi ke gear rangkap ketiga, maka anda merasakan kayuhan sepeda anda akan semakin berat. Ini membuktikan gear depan yang semakin tinggi akan membuat laju kayuhan sepeda anda semakin berat. Jadi jangan gunakan gear ini ketika anda menanjak. Biasanya penggunaan gear sepeda bagian depan ini , sangat tepat jika digunakan di jalanan menurun dan kemudian menjadi datar. Dari kondisi jalan yang menurun kemudian menjadi datar anda dapat menaikan perlahan-lahan gear depan tersebut. Semakin datar maka semakin cepat anda melaju. Nah disitulah permainan gear sepeda ini dapat menentukan aero dinamika daya laju kecepatan sepeda anda. Sudah pasti secara otomatis ketika sepeda anda melaju snagat cepat kayuhan juga akan semakin cepat pula. nah jika tidak diubah ke gear yang lebih berat, maka daya kayuh dan energi anda akan terbuang sia-sia.

Peran gear depan memang sangat penting. Namun tidak akan jadi keren tanpa kehadiran gear sepeda bagian belakang. Karena gear sepeda bagian depan saling terkomunikasikan dengan gear sepeda bagian belakang. Cara kerja gear sepeda bagian belakang yang biasanya terdiri dari 6 rangkap ini adalah, semakin anda menaiknnya maka anda akan mendapatkan tingkat kayuhan yang semakin ringan. Jadi gear sepeda bagian belakang ini memang sangat tepat jika digunakan ketika jalanan menanjak. Semakin tinggi anda menyetelnya ke bagian yang tinggi anda akan mendapatkan gear yang terasa semakin meringankan beban kayuhan anda. Namun ketika jalan telah  menurun anda sebaiknya segera mengembalikknay ke gear rendah atau gear satu. Agar daya kayuhan energi anda tidak sia-sia. Dengan begitu anda akan semakin melaju lebih cepat. Jika anda menyetel gear depan di angka tertinggi dengan gear belakang di angka tertinggi pula, maka daya kayuhnya pun sama saja tidka berubah. Anda harus pintar-pintar mengatur gear sepeda anda guna mendapatkan moment bersepeda yang baik dan enak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *