Mengenal Gear Sepeda dan Fungsinya

Gear sepeda – Banyak dari kita yang sudah memiliki sepeda bertahun-tahun tapi masih tidak mengetahui segala selak beluk perangkat yang ada di sepeda. Untuk itu, Anda harus mencari tahu segala macam perangkat-perangkat terpenting di sepeda Anda. agar memudahkan Anda menimilisir kerusakan cepat. Karena dengan mengetahui segala perangkat pendukung yang ada di sepeda maka Anda akan lebih teratur menjaga dan merawat sepeda Anda.

Kali ini kami akan bagikan informasi mengenai gear sepeda dan fungsinya.  Yang bisa Anda jadikan bahan referensi dasar dalam dunia sepeda.

Baca juga: Ragam Pilihan Sepeda Terbaru

Gigi sepeda memiliki bermacam-macam tingkat. ada yang 21 speed, 22 speed, bahkan ada yang 27 speed. tingkatan kecepatan tersebut berasal dari jumlah gigi depan (pedal/dayung) dikalikan dengan jumlah gigi belakang yang jumlahnya ada yang 7,8 dan 9 gigi. pertama-tama kita kenali duku gigi depan atau gigi yang berada dipedal dayung sepeda kita.

Adjuster atau Shifter gigi belakang yang bervariasi antara 1-7, 1-9

Mari kita tinjau masing-masing tingkatan:

   Gigi depan posisi 1. adalah posisi rantai berada pada gigi yang paling kecil, fungsinya yaitu untuk jalan menanjak atau sedang membawa beban yang lumayan berat. gigi ini untuk membantu pengendara melewati tanjakan tanpa harus turun dari sepedanya.

Gigi depan posisi 1, gunanya untuk jalan menanjak.

   Gigi depan posisi 2, dimana rantai berada pada posisi gigi tengah. gunanya untuk berkendara santai. cocok untuk goeser yang suka jalan-jalan atau goeser yang tidak kuat mendayung.

Posisi gigi depan tingkat 2. cocok untuk jalan santai.

   Posisi gigi depan tingkat 3, posisi rantai berada pada gigi depan yang berukuran paling besar. dayungan menjadi lebih berat. digunakan untuk ngebut. biasanya orang-orang yang mengerti pemakaian gigi akan menggunakan gigi ini dijalan menurun untuk meringankan beban saat mendayung. sepeda dengan tingkat kecepatan 22 atau 27 speed jika gigi ini dipadukan dengan gigi belakang yang tepat membuat sepeda dapat melaju hingga 60 Kilometer per jam lho!.. ;O

Posisi gigi depan tingkat 3. digunakan untuk kecepatan tinggi namun dengan beban

mendayung yang lebih berat.

cara memindahkan gigi depan adalah, dari gigi 1 sampai 3, dayung sepeda dengan cepat namun dengan tidak terlalu bertenaga, lalu dengan cepat dan kuat anda tekan atau putar pengatur gigi depan ke posisi 2 atau 3, kalau tidak cepat dan kuat rantai akan bergesekan dengan gigi. untuk menurunkan ke gigi kecil dapat langsung diadjust saja tanpa harus mengurangi tenaga dayungan.

nah setelah kita mengenal fungsi gigi depan, sekarang kita telusuri kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan goeser terhadap gigi sepedanya.

posisi gigi yang salah:

Ini adalah posisi gigi yang salah dimana posisi rantai bagian depan berada pada gigi 1 dan rantai belakang berada pada gigi belakang posisi 7

Posisi gigi salah kedua. dimana posisi rantai depan berada pada gigi 3 (terbesar) dan rantai belakang juga pada posisi terbesar (gigi 1)

berikutnya adalah posisi rantai depan pada gigi tengah atau gigi 2 dan gigi rantai belakang pada posisi diatas 3 atau 4. kesalahan posisi gigi ini terletak pada hubungan rantai belakang dan depan yang menjadi tidak sejajar/segaris hal ini dapat menyebabkan rantai akan dimakan atau dikikis oleh roda gigi, jika digunakan secara berkesinambungan pada posisi ini dapat memperpendek bahkan merusak gigi dan rantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *