Sepeda fixie, Keunggulan dan Kekurangannya

Pada beberapa tahun yang lalu, Indonesaia sedang diserang wabah sepeda fixie. Banyak orang yang berlomba lomba membeli sepeda fixie untuk mengikuti trend sepeda fixie. Sepeda fixie sendiri adalah sepeda yang namanya diambil dari kata fixed gear dalam bahasa inggris. Yang maksudnya, gearnya di buat mati. Alias roda belakang dengan pancalan akan senada dengan kayuhan sepeda. Sehingga, untuk mengerem, anda tak perlu dengan rem, cukup memutar kayuhan ke belakang, maka sepeda anda akan terhenti dengan sendirinya. Sepeda ini cocok untuk kegiatan keseharian anda. Juga cocok untuk bergaya juga, karena sepeda fixie juga hadir dengan berbagai varian warna. Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa ulasan tentang keunggulan dan kekurangan sepeda fixie.

baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Sepeda Fixie yang Wajib Diketahui

Keunggulan

Sepeda fixie hadir dengan penampilan yang simple, minimalis dan trendy. Sehingga, selain untuk bergaya, sepeda fixie ini cocok juga untuk kegiatan keseharian karena memang sifatnya simple. Sama seperti sepeda.

-bisa dipakai dengan beberapa variasi aksi. Seperti halnya sepeda sepeda freestyle. Sepeda ini cocok sekali untuk berkendara dan juga bergaya.

-lebih ringan. Dengan resistant minimalis, ia menjadi lebih terlihat simple. Cocok untuk berbagai macam kegiatan. Sebab bisa dibawa kemana mana.

-harga spare partnya pun tak lebih mahal ketimbang sepeda sepeda lain seperti sepeda gunung. Dan cukup mudah untuk ditemukan. Sehingga anda tak perlu khawatir dengan ketersediaan spare partnya.

– sepeda fixie adalah sepeda minimalis dengan perangkat yang sederhana. Sehingga, perawatannya pun tak banyak merepotkan. Gear sepeda fixie juga hanya satu. Anda cukup merawatnya dengan rutin mengelapnya dengan lap kanebo.

Kekurangan

  • Karena sepeda fixie hanya dibekali dengan satu gear saja, maka sepeda fixie tidak cocok untuk digunakan sebagai sepeda untuk perjalanan jauh. Sepeda fixie hanya cocok untuk perjalanan jarak dekat saja. Sebenarnya, bisa juga digunakan untuk perjalanan jarak jauh, namun tentu saja akan lebih jauh melelahkan.
  • Sepeda fixie tidak dibekali dengan rem tangan (hand brake), sehingga bagi yang baru pertama kali mengendarai sepeda fixie harus lebih mampu membiasakan diri saja.
  • Meskipun sepeda fixie cocok untuk bergaya, namun untuk beberapa macam teknik freestyle sepeda fixie jadi cukup rentan. Bisa merusak bracketnya.
  • Sepeda fixie juga tidak seperti sepeda gunung yang cocok digunakan pada medan off road yang terjal dan berlumpur. Jadi, sepeda fixie tidak cocok dibuat untuk off road.

Berikut tadi beberapa ulasan tentu keunggulan dan kekurang sepeda fixie. Kini, sebelum memutuskan untuk membeli sepeda fixie, anda setidaknya bisa mempertimbangkannya terlebih dahulu. Sepeda fixie cocok untuk kegiatan biasanya seperti sepeda mtb atau sepeda gunung. Sepeda fixie juga cocok untuk bergaya seperti sepeda bmx.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *