Panduan Membeli Sepeda gunung Untuk Pemula

Sepeda gunung adalah salah satu jenis sepeda yang cukup digemari oleh masyarakat umum. Karena, sepeda gunung adalah sepeda yang cukup konvensional. Bentuknya minimalis dan cocok untuk digunakan dalam berbagai kegiatan. Selain itu, biasanya sepeda gunung selalu menjadi pilihan pertama bagi para pemula yang baru ingin menggemari hobi bersepeda. Namun, sayangnya, banyak para pemula yang masih awam dengan cara bagaimana memilih kualitas dan harga sepeda dengan harga yang pas. Kebanyakan bahkan terlalu sembrono ketika membeli sepeda gunung. Jika keperluannya hanya untuk pergi ke pasar atau pergi ke acara pekan car free day seharusnya, tak perlu membeli sepeda gunung dengan harga selangit. Cukup belilah sepeda gunung dengan harga yang seusai dengan kantong. Dan fungsinnya pula sesuai dengan kebutuhan kita. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah panduan membeli sepeda gunung.

  • Utamakan untuk menyiapkan budget dan menyesuaikannya.

Barangkali, “pertanyaaan tentang berapakah budget ideal untuk membeli sepeda gunung?” adalah pertanyaan yang sering keluar dari mulut para pemula yang ingin memulai menjajal hobi bersepeda. Maka, yang bisa dijawab adalah: tentu saja harus sesuai dengan kocek anda dan juga kebutuhan anda akan sepeda itu. Budget umumnya adalah Rp. 3 juta rupiah. Tapi, perlu diperhatikan adalah kebutuhan. Bisa saja ukuran budget ini berubah jika anda membutuhkan sepeda untuk penjelajahan extreme dengan performa tinggi. Harga untuk sepeda seperti itu, bisa berkisar di atas harga Rp. 5 juta. Namun, harganya bisa lebih murah lagi, jika anda hanya butuh sepeda untuk kegiatan keseharian saja.

  • Jangan Membeli Sepeda Bekas dan Sepeda Rakitan. Belilah Sepeda baru dan full bike

Banyak anjuran bagi para pemula untuk membeli sepeda rakitan. Beli saja sepeda rakitan, agar puas dengan rakitan sendiri. Sebaiknya, anjuran tersebut tak perlu dihiraukan. Dan jangan terlalu dianggap serius. Karena, pada dasarnya, untuk pemula, sepeda gunung yang diperlukan adalah sepeda gunung yang sudah full bike langsung dari pabrikannya. Hal ini untuk menghindari sepeda sepeda yang muda rapuh karena rakitan kita kurang baik. Selain itu, jangan pernah memulai untuk membeli sepeda bekas. Karena, sepeda gunung bekas biasanya mengandung beberapa kecacatan tersembunyi. Upayakanlah untuk membeli sepeda gunung baru. Toh, harganya tak jauh berbeda.

  • Perhatikan kualitas spesifikasi

Untu selanjutnya yang perlu diperhatikan oleh para pemula adalah spesifikasi. Perhatikanlah dengan baik spesifikasi sepeda anda sebelum membelinya. Jangan sampai ada bagian yang cacat. Dan usahakanlah sebelum membeli, anda menjajalnya terlebih dahulu untuk memeriksa kenyamanan sepeda tersebut.

Berikut tadi adalah beberapa panduan untuk membeli sepeda gunung bagi para pemula. Semoga panduan tersebut cuckup bermanfaat bagi siapapun yang ingin membeli sepeda gunung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *