Tips Penggunaan dan Perawatan Helm Sepeda

Helm sepeda merupakan salah satu aksesoris penting yang harus digunakan oleh pengendara sepeda agar keselamatan selalu terjaga. Oleh karena itu, penggunaan dan perawatannya harus tepat agar tidak cepat rusak. Dan berikut ini adalah tips penggunaan dan perawatan helm untuk pengendara sepeda:

baca juga: Mengenal Jenis-jenis Helm Sepeda

  1. Pas Ketika Digunakan

Ketika membeli helm sebaiknya helm yang akan dibeli harus dicoba dulu, caranya adalah dengan memastikan ukurannya pas di kepala, kemudian mengaitkan talinya, jangan sampai longgar atau tidak pas. Setelah itu, coba kenyamanan helm, apakah sudah pas dan nyaman ataukah belum, caranya adalah dengan menggelengkan kepala ke arah kanan dan ke arah kiri. Apabila helm berubah posisi, maka helm longgar dan posisinya tidak tepat. Agar helm tidak mudah rusak dan awet, maka penggunaan helm haruslah tepat. Tunggu beberapa menit, apabila kepala terasa sakit, itu artinya helm terlalu sempit, dan sebaiknya pilih helm yang lainnya.

  1. Perhatikan Spon atau Busa Pengganjal

Pada bagian helm terdapat spon atau busa pengganjal. Helm yang baik dan nyaman adalah yang memiliki spon atau busa pengganjal yang empuk atau tidak kempes. Helm dengan spon yang kempes akan membuatnya longgar sehingga tidak akan nyaman ketika dikenakan.

  1. Masa Kadaluarsa Helm

Tak hanya makanan yang memiliki masa kadaluarsa, namun helm juga memiliki masa kadaluarsa. Perhatikan masa kadaluarsa helm, apabila helm sepeda sudah melewati masa kaduluarsa atau expired, maka harus diganti agar kenyamanan serta keselamatan ketika berkendara sepeda selalu terjaga.

  1. Membersihkan Helm

Bersihkan helm secara rutin dan teratur, jangan menyiram helm menggunakan air, karena ini bisa membuat spon atau busa pengganjal di bagian dalam helm cepat kempes dan rusak. Bershkan helm dengan menggunakan lap basah, kemudian keringkan helm menggunakan kain lembut yang kering.

  1. Helm Harus Kering

Helm yang terlanjur basah atau terkena air, jangan dijemur langsung di bawah terik sinar matahari karena bisa merusak tekstur serta cat helm. Keringkan helm di dalam ruangan, atau bisa juga keringkan helm dengan menggunakan hair dryer atau alat pengering rambut.

  1. Jauhkan Zat Kimia dari Helm

Bagian dalam helm memiliki material bahan yang terbuat dari stereofoam. Oleh karena itu, harus dijauhkan dari bahan-bahan zat kimia yang berbahaya karena bisa merusak helm. Beberapa jenis zat berbahaya yang harus dijauhkan dari helm adalah bensin serta solar.

Itulah tips penggunaan serta perawatan helm sepeda agar selalu awet dan tidak cepat rusak, dan yang harus selalu diingat, helm harus selalu digunakan ketika mengendarai sepeda, bukan untuk bergaya, namun agar keselamatan pengendara sepeda selalu terjaga dan bagian kepala pengendara selalu aman.   

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *