Hal-hal yang Mempengaruhi Tinggi Rendahnya Harga Sepeda

Sepeda adalah sarana transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat, setiap rumah di Indonesia bisa dipastikan memiliki sepeda, entah itu sepeda untuk olahraga, sepeda untuk anak-anak, atau sepeda tua. Sepeda memiliki beragam jenisnya dan tentu saja memiliki harga yang bervariasi pula. Ada banyak hal yang mempengaruhi harga sepeda yang beragam ini. Apa saja hal tersebut? Berikut ulasannya:

  1. Merk Sepeda

Ada banyak sekali merk sepeda yang beredar di pasaran, dan ini bisa menjadi faktor utama kenapa sebuah sepeda mahal ataukah murah. Merk sepeda memang memberikan kontribusi besar terhadap harga sepeda. Sepeda yang dibuat oleh pabrikan ternama biasanya memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan sepeda yang dibuat oleh pabrikan yang tidak terkenal.

  1. Jenis Sepeda

Jenis sepeda juga mempengaruhi harga sebuah epeda, misalnya harga sebuah sepeda untuk balap lebih mahal dibandingkan sepeda biasa yang digunakan untuk berolahraga di acara car free day. Selain itu, jenis sepeda untuk anak-anak tentu saja lebih murah dibandingkan dengan sepeda untuk orang dewasa.

  1. Fitur Sepeda

Sepeda dengan fitur teknologi terkini dan mutakhir juga menjadi faktor yang berpengaruh pada harga sebuah sepeda. Sepeda dengan fitur pengereman atau kecepatan sepeda yang mutakhir akan dibanderol dengan harga mahal.

  1. Desain Sepeda

Saat ini desain sepeda sudah semakin beragam dan bagus, hal ini tentunya juga mengikuti teknologi dan gaya modern dan kekinian, jika sebelumnya frame sepeda bentuknya hanya biasa saja, namun kini banyak lekuk yang lebih aerodinamis sehingga membuat harga sebuah sepeda menjadi lebih mahal.

  1. Material Sepeda

Sepeda dengan kualitas tinggi tentunya dibuat dari bahan atau material yang berkualitas pula, baik bahan untuk frame atau rangka, ban, gear, sadel, dan lain sebagainya. Ditambah lagi jika material sepeda yang digunakan merupakan barang impor, tentunya ini juga akan semakin membuat harga sebuah sepeda menjadi lebih mahal.

  1. Kondisi Sepeda

Faktor selanjutnya yang mempengaruhi harga sebuah sepeda adalah kondisi sepeda. Sepeda bekas biasanya memang lebih murah harganya jika dibandingkan dengan sepeda baru, apalagi jika kondisi sepeda tersebut sudah banyak kerusakan di beberapa bagian. Akan tetapi, beda ceritanya jika sepeda bekas ini merupakan sepeda lama yang telah jadi barang antik dan langka serta kondisinya pun masih bagus. Sepeda seperti ini tentunya akan memiliki harga yang lebih mahal, bahkan bisa jadi lebih mahal daripada sepeda baru, karena selain langka, juga karena kondisinya masih bagus. Oleh karena itu, apabila ingin sepeda bekas dijual dengan harga mahal, maka sebaiknya harus dirawat dengan baik sebelum dijual.

Itulah beberapa hal yang mempengaruhi tinggi rendahnya harga sepeda. Apabila ingin membeli sepeda, ada baiknya melihat faktor-faktor di atas agar tahu kenapa sebuah sepeda bisa memiliki harga mahal atau murah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *