Manfaat Ikut Komunitas Sepeda Fixie

Hampir semua jenis sepeda memiliki komunitas yang menaungi, tak terkecuali sepeda fixie. Ada banyak manfaat dari ikut komunitas fixie ini, yaitu sebagai berikut:

baca juga: Tren Sepeda Fixie di Indonesia

  1. Tempat Konsultasi Teknis

Dengan ikut komunitas, maka anggotanya tentu akan bisa saling sharing dan berbagi ilmu yang berkaitan dengan fixie, termasuk juga perawatannya. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan mengenai fixie, maka akan banyak orang dalam komunitas yang akan bersedia menjawabnya secara gratis.

  1. Workshop

Fixie tak harus membeli, namun juga bisa dibuat sendiri, dengan ikut komunitas, anggotanya tentunya bisa ikut workshop yang diadakan oleh komunitas. Termasuk juga workshop bagaimana membuat sepeda fixie.

  1. Sosialisasi Safety Riding

Dengan mengikuti komunitas, anggota akan mengetahui bagaimana cara berkendara yang baik di jalan raya saat menggunakan fixie, salah satunya adalah yang berkaitan dengan safety riding. Sehingga anggota tahu kapan harus mengalah dengan kendaraan lain, dan bagaimana agar bisa mengendalikan sepeda ketika dalam keadaan darurat, karena fixie tidak memiliki rem sebagaimana sepeda kebanyakan.

  1. Menambah Teman

Dengan mengikuti komunitas, tentunya akan banyak mengenal anggota lainnya dan secara tidak langsung teman pun akan bertambah. Bahkan, dengan jaringan pertemanan yang luas, bisa membuka rezeki antar anggotanya.

  1. Jual Beli

Anggota komunitas fixie bisa saling jual beli aksesoris atau komponen fixie, maka jangan heran jika dalam komunitas ada banyak penjual serta pedagang.

  1. Merchandise Eksklusif

Komunitas fixie tentunya harus bisa membiayai komunitasnya, salah satunya adalah dengan menjual merchandise eksklusif komunitas, seperti kaos, jaket, pin, topi, stiker, dan lain sebagainya. Ketika mengenakan merchandise tentunya akan muncul kebanggan terhadap komunitas.

  1. Ajang Promosi

Lewat kerjasama antaranggota komunitas, bisa menjadi ajang promosi berbagai event yang sedang diselenggarakan.

  1. Atribut Sebagai Kontrol

Apapun atribut yang dipasang di sepeda, seperti logo, stiker dan sebagainya tentu akan menjadi asosiasi komunitas secara keseluruhan. Oleh karena itu, dengan adanya atribut komunitas, bisa menjadi semacam alat kontrol ketika mengendarai fixie di jalan raya. Oleh karena itu, ketika di jalan raya, akan semakin menjaga diri, karena dengan adanya atribut komunitas, sama saja kita membawa nama baik komunitas, sheingga perilaku di jalan harus dijaga dan jangan ugal-ugalan. Jangan sampai adanya atribut justru menciptakan arogansi pengendaranya sehingga membuat keamanan tidak terjaga dan bisa jadi membahayakan pengendara lainnya dan bisa merugikan komunitas

Itulah manfaat dari ikut komunitas sepeda fixie yang mana dalam suatu komunitas suka dan duka akan ditanggung bersama, ada banyak manfaat untuk mengikuti komunitas dan pastinya bisa saling sharing, tidak hanya tentang sepeda, namun bisa jadi ajang sharing masalah pribadi, karena anggota dalam komunitas lambat laun tak hanya jadi teman, tapi juga saudara.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *