Komunitas Pecinta Sepeda BMX di Indonesia

Nama sepeda BMX tentunya sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Saat ini perkembangan pecinta BMX memang semakin meningkat, banyak yang menggunakan BMX untuk beratraksi dengan trik serta keterampilan khusus yang tak bisa dikuasai oleh sembarangan orang karena hrus berlatih rutin terlebih dahulu. Atraksi menggunakan BMX ini tak hanya butuh nyali, namun juga butuh kesungguhan, latihan, serta konsistensi.  

Sepeda BMX adalah sepeda freestyle yang terbagi dalam tiga kelas, yaitu BMX Street, BMX Flatland, serta BMX Cross. Untuk BMX Street merupakan jenis BMX yang loncatannya menggunakan obstacle, sedangkan Flatland merupakan BMX yang bisa digunakan untuk berdiri dengan satu roda, kemudian BMX Cross adalah BMX yang biasa dipakai di lintasan balapan.

Jika dilihat, BMX memang jenis sepeda untuk kegiatan ekstrim dengan banyak atraksi, namun begitu segala atraksi itu tentunya butuh latihan serius hingga akhirnya bisa menjadi profesional.

Saat ini, para pecinta BMX tergabung dalam berbagai komunitas, salah satunya adalah Komunitas BMX Indonesia. Komunitas ini berdiri sejak tahun 1990-an dan seringkali berlatih di sekitaran Stadion Utama Bung Karno.

Selain seringkali melakukan latihan bersama secara rutin, para anggota komunitas BMX Indonesia juga kerap melakukan show atau pertunjukan, termasuk juga mengikuti berbagai macam lomba, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Dan biasanya para pecinta BMX seluruh Indonesia akan berkumpul pada event se-Asia Tenggara yang secara rutin dilaksanakan tiap akhir tahun.

Untuk berlatih, biasanya para senior yang sudah menguasai berbagai macam trik akan mengajari para juniornya, sehingga tidak ada istilah khusus untuk pelatih. Oleh karena itu, setiap individe harus sering berlatih agar bisa menguasai berbagai macam trik bersepeda menggunakan BMX.

Berbeda dengan komunitas sepeda lain, BMX tidak pernah menyelenggarakan event berupa fun bike dikarenakan BMX bukan jenis sepeda untuk jarak tempuh jauh. Para pecinta BMX berlatih bukan hanya sekadar untuk pamar atau gaya semata, akan tetapi mereka juga seringkali menorehkan prestasi hingga kancah dunia. Misalnya saja, untuk acara X-Games di Maccau, China. Indonesia berada di peringkat 8 dunia untuk kategor BMX Street.

Sedangkan pada even World BMX Flatland Championship yang diselenggarakan di Singapura, BMX Indonesia meraih peringkat ke-9. Oleh karena itu, tak dapat dipungkiri jika dengan kegiatan BMX ini, banyak anggota dari BMX Indonesia dapat menghasilkan uang dari memenangkan lomba atau menjadi brand ambassador perusahaan tertentu.  Meski begitu, uang tetap bukan tujuan utama, karena manfaat dari ikut komunitas BMX masih banyak lagi.

Tak ada batasan untuk bisa bergabung di BMX Indonesia, syaratnya hanyalah pengguna BMX saja. BMX Indonesia juga tidak membatasi kelas sosial, berbagai kalangan bisa bergabung dan tidak melihat harga sepeda BMX , baik yang harga jutaan hingga puluhan juta, semuanya bisa bergabung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *